Kompas TV regional berita daerah

Merubah Stigma RSJ Menakutkan Melalui Hospital Tour

Senin, 15 Agustus 2022 | 11:41 WIB

Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sebagai upaya untuk mengubah stigma menakutkan terhadap rumah sakit, Taman Kanak-kanak (TK) Cahaya Ilmu mengadakan hospital tour di Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Dokter Amino Gondohutomo Semarang, Jawa Tengah. Kegiatan tersebut guna mengajak anak-anak untuk lebih dekat dengan rumah sakit dan mengenalkan profesi dokter dan tenaga kesehatan lainnya. Selain itu, anak-anak juga diajak untuk mengetahui fasilitas di rumah sakit.

Hal yang menarik, anak-anak diajak berkeliling rumah sakit dan dijelaskan fasilitas apa saja yang ada di RSJD Amino Gondohutomo dengan menggunakan bus. Anak-anak juga bisa melihat secara langsung dari bus, pasien rehabilitasi jiwa dan sejumlah tenaga kesehatan. Hospital tour tersebut digelar, agar tertanam di benak anak-anak bahwa rumah sakit terutama rumah sakit jiwa tidak menakutkan seperti yang selama ini mereka bayangkan.

"Memberi informasi kepada adik-adik usia sekolah, bahwa rumah sakit itu tidak seperti yang dibayangkan. Karena tidak disadari, bahwa orang tua itu sudah menakut-nakuti anak kecil, sehingga nakes dan dokter dipersepsikan menakutkan,"  kata Alek Jusran, Direktur RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang.

Rute hospital tour yang dilalui telah disiapkan khusus oleh pihak rumah sakit, sehingga anak-anak tidak bersinggungan langsung dengan pasien dan tidak menganggu kenyamanan pasien. Diharapkan, kegiatan ini bisa memberi edukasi sejak usia dini agar anak-anak mengenal rumah sakit.

#hospitaltour #rsj #semarang


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x