Kompas TV internasional kompas dunia

Tak Takut dengan China, Anggota DPR AS Ikuti Langkah Pelosi Kunjungi Taiwan

Senin, 15 Agustus 2022 | 11:51 WIB
tak-takut-dengan-china-anggota-dpr-as-ikuti-langkah-pelosi-kunjungi-taiwan
Anggota DPR AS mengunjung Taiwan tanpa pemberitahuan Minggu (14/8/2022). Mereka tak takut terhadap China yang kerap keberatan dengan dukungan AS ke Taiwan. (Sumber: Taiwan Ministry of Foreign Affairs via AP)

Penulis : Haryo Jati | Editor : Desy Afrianti

TAIPEI, KOMPAS.TV - Anggota DPR Amerika Serikat (AS) tampaknya tak takut dengan China, sehingga melakukan kunjungan ke Taiwan.

Mereka mengikut langkah yang sebelumnya dilakukan Ketua DPR AS, Nancy Pelosi yang pada awal bulan ini mengunjungi Taiwan.

Kunjungan itu dilakukan tanpa pemberitahuan, Minggu (14/8/2022), dipimpin oleh Senator Ed Markey, perwakilan dari Massachusetts.

Anggota DPR AS yang datang terdiri dari John Gramendi, Alan Lowenthal dan Don Byer dari Demokrat, serta Aumua Amata Coleman Radewagen dari Republikan.

Baca Juga: Penduduk Pulau Taiwan Terdekat ke China Ternyata Tak Khawatir dengan Kemungkinan Perang

Dilansir dari CNN, Juru Bicara Markey dalam pernyataannya mengungkapkan kunjungan dua hari tersebut dilakukan sebagai usaha untuk menegaskan kembali dukungan AS untuk Taiwan.

Selain itu juga untuk mendorong stabilitas perdamaian di Selat Taiwan.

Kementerian Luar Negeri Taiwan mengungkapkan, delegasi itu akan bertemu Presiden Tsai Ing-wen, Senin (15/8/2022).


 

Mereka juga akan bertemu dengan Menlu Taiwan, Joseph Wu, dan melakukan pembicaraan dengan Komite Pertahanan Nasional dan Urusan Luar Negeri parlemen Taiwan terkait masalah perdagangan dan keamanan.

Kemenlu Taiwan menambahkan bahwa mereka menyambut poara delegasi, dan berterima kasih karena menunjukkan dukungan kuat AS kepada Taiwan meski meningkatnya tensi dengan China.

China sendiri kembali mengecam kunjungan yang dilakukan delegasi DPR AS tersebut.

Mereka menegaskan akan mengambil tindakan balasan tegas dalam menanggapi provokasi AS.

“Anggota Kongres AS harus bertindak konsisten dengan kebijakan Satu-China pemerintah AS,” ujar Juru Bicara Kedutaan Besar China di AS, Liu Pengyu.

Baca Juga: Korea Utara Serang Nancy Pelosi: Ia Penghancur Terburuk bagi Perdamaian dan Stabilitas Internasional

Liu mengatakan China dengan tegas menentang segala jenis hubungan resmi antara AS dan Taiwan.

Ia juga menegaskan kunjungan delegasi DPR AS terbaru membuktikan bahwa AS tak ingin melihat stabilitas di Selat Taiwan, dan tak berusaha menghentikan konfrontasi antara kedua negara, serta ikut campur dalam urusan dalam negeri China.

Hingga saat ini China menegaskan Taiwan merupakan bagian dari mereka, meski Taiwan menegaskan sebagai negara yang merdeka dan berdaulat.

Kedatangan Pelosi ke Taiwan, kemudian berujung pada latihan militer China selama beberapa hari yang mengepung wilayah laut dan udara Taiwan.


Sumber : CNN

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x