Kompas TV nasional berita utama

Survei Litbang Kompas: 77 Tahun Indonesia Merdeka, 70 Persen Responden Nilai Rakyat Belum Sejahtera

Senin, 15 Agustus 2022 | 11:46 WIB
survei-litbang-kompas-77-tahun-indonesia-merdeka-70-persen-responden-nilai-rakyat-belum-sejahtera
Ilustrasi kemiskinan (Sumber: Kompas.com)

Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hasil survei Litbang Kompas dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Indonesia menunjukkan mayoritas responden menilai kondisi rakyat yang maju dan sejahtera beum tercapai. 

Jajak pendapat Kompas ini dilaksanakan pada 9-11 Agustus 2022. 

Mengutip Harian Kompas, Senin (15/8/22), sebanyak 70,4 persen responden menilai kondisi rakyat yang maju dan sejahtera belum dapat tercapai pada usia Indonesia yang ke-77. 

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: 10,1 Persen Responden Menilai KPK Tidak Memiliki Kelebihan

Sementara itu, ada 27,3 persen responden yang menyebut kemajuan dan kesejahteraan sudah tercapai dan sisanya, 2,3 persen responden menjawab tidak tahu. 

Jika dirinci, mayoritas responden berasal dari gen Z (17-23 tahun), gen Y (24-39 tahun), gen X (40-55 tahun), dan baby boomers (di atas 56 tahun) juga menganggap kondisi rakyat yang maju dan sejahtera belum tercapai.

Pada kelompok responden baby boomers, sebanyak 76,7 persen mengatakan tujuan kemerdekaan mewujudkan kesejahteraan bagi rakyat belum terjadi. 

Kelompok responden dari generasi Y dan X juga berpendapat sama dengan kisaran 70 persen setuju bahwa kesejahteraan belum terwujud. 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x