Kompas TV entertainment lifestyle

Heboh Perempuan Pakai Mercy Curi Cokelat di Alfamart, Netizen Kaitkan soal Kleptomania, Apa Itu?

Senin, 15 Agustus 2022 | 11:04 WIB
heboh-perempuan-pakai-mercy-curi-cokelat-di-alfamart-netizen-kaitkan-soal-kleptomania-apa-itu
Ilustrasi kleptomania, gangguan kejiwaan di mana penderitanya tak mampu menahan dorongan untuk mencuri. (Sumber: SHUTTERSTOCK via Kompas.com)

Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jagad Twitter tengah diramaikan dengan insiden seorang perempuan pengemudi mobil Mercy yang kedapatan mencuri cokelat di salah satu Alfamart di kawasan Tangerang Selatan.

Dari video yang beredar, karyawan Alfamart tersebut merekam seorang perempuan membawa cokelat yang belum dibayar. 

Persoalan ini telah diselesaikan, tetapi perempuan tersebut tidak terima videonya tersebar. Bersama kuasa hukumnya, dia meminta karyawan Alfamart tersebut untuk meminta maaf atas tersebarnya video yang dinilai merugikan tersebut.

Baca Juga: Arief Muhammad Siap Bantu Karyawan Alfamart yang Diancam UU ITE oleh Ibu Pengendara Mercy

Hal ini sontak menjadi perhatian netizen yang menilai bahwa sikap perempuan tersebut berlebihan. Tak sedikit yang berniat membantu karyawan Alfamart tersebut, termasuk pengacara kondang Hotman Paris.

Dari sekian tanggapan netizen terkait peristiwa tersebut, istilah “Klepto” dan “Kleptomania” pun mencuat. Hingga artikel ini diterbitkan, tagar “Klepto” sudah dicuit oleh lebih dari empat ribu pengguna.

Lantas, apa itu kleptomania?

Melansir Cleveland Clinic, kleptomania adalah kondisi atau gangguan kejiwaan, di mana seseorang tidak dapat mengendalikan dorongan untuk mencuri.

Mayo Clinic mendefinisikan kleptomania sebagai ketidakmampuan berulang untuk menahan dorongan mencuri.

Barang-barang yang dicuri ini umumnya bukanlah barang yang dibutuhkan oleh penderitanya, bahkan biasanya bernilai kecil.

Ahli mengklasifikasikan kleptomania sebagai gangguan kontrol impuls yang dapat diobati dengan obat-obatan, terapi, atau kombinasi keduanya.


Sumber : Mayo Clinic, Cleveland Clinic

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x