Kompas TV internasional kompas dunia

Fenomena Firenado atau Tornado Api Terekam Kamera di California AS

Kompas.tv - 15 Agustus 2022, 07:38 WIB
fenomena-firenado-atau-tornado-api-terekam-kamera-di-california-as
Sebuah helikopter berusaha memadamkan api di sekitar pusaran firenado dalam kebakaran di California, Kamis (11/8/2022). (Sumber: Twitter LACoFD)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Desy Afrianti

CALIFORNIA, KOMPAS.TV - Sebuah "firenado" atau tornado api terekam kamera dalam kebakaran lahan yang terjadi di California baru-baru ini.

Seperti dilaporkan stasiun televisi KTLA, terjadi kebakaran lahan yang menjalar di wilayah Gorman, California pada Kamis (11/8/2022). Kebakaran itu diduga sudah dimulai sejak semalam sebelumnya.

Dari tayangan kamera, terlihat pusaran api menjulang ketika sebuah helikopter berusaha memadamkan kebakaran.

Pada hari yang sama, Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles (LACoFD) langsung mengirim petugas pemadam kebakaran sekitar pukul 16.07 waktu setempat, menuju TKP di sekitar jalan West Lancaster dan Old Ridge Route.


 

Petugas memperkirakan api berkobar di lahan seluas empat hektar, di mana otoritas berwenang langsung menaikkan status kebakaran menjadi level dua.

Baca Juga: Satelit NASA Deteksi Titik-Titik Api di Wilayah Sumatera Utara, Termasuk Danau Toba

Setelah adanya firenado, LACoFD menjelaskan penyebab fenomena itu melalui Twitter. 

Berdasar pengamatan, firenado terbentuk dari "bahan bakar kering (sampah dedaunan) dan reseptif, ditambah angin yang bergerak tak menentu di area permukaan panas yang intens."

Sementara Los Angeles Times menjelaskan, pusaran api terbentuk ketika udara panas melonjak ke atas dan mulai berputar. Saat berputar, ia dapat mengumpulkan abu, asap, dan bara api, sebelum akhirnya membentuk pusaran kencang.

Lebih dari 200 personel ditugaskan menuju lokasi kebakaran, hingga kru "membuat kemajuan yang baik," menurut tweet pukul 17.16 waktu setempat, pada hari yang sama, oleh Departemen Pemadam Kebakaran.

Kebakaran itu ditahan hingga 150 hektar, berdasar pembaruan informasi dari Departemen Pemadam Kebakaran, tak lama setelah pukul 7 malam. 

Tidak ada bangunan warga yang terancam, stasiun Lembah Santa Clarita Departemen Sheriff Los Angeles melaporkan via Twitter.

Baca Juga: Sedikitnya 15 Anak-anak Tewas dalam Kebakaran Gereja Koptik di Mesir, Ada yang Tiga bersaudara



Sumber : Kompas TV/LA Times/KTLA

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.