Kompas TV internasional kompas dunia

Kondisi Terkini Salman Rushdie setelah Alami Serangan Mematikan

Kompas.tv - 15 Agustus 2022, 04:25 WIB
kondisi-terkini-salman-rushdie-setelah-alami-serangan-mematikan
Salman Rushdie, pencipta buku ayat-ayat setan yang ditusuk di New York, Jumat (12/8/2022).  Salman Rushdie "dalam perjalanan menuju pemulihan," seperti dikatakan agennya hari Minggu, (14/8/2022), dua hari setelah penulis "The Satanic Verses" menderita luka serius dalam penusukan. (Sumber: AP Photo/Rogelio V. Solis, File)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

MAYVILLE, KOMPAS.TV - Penulis kontroversial Salman Rushdie dikabarkan dalam kondisi pemulihan setelah mendapatkan serangan mematikan dalam sebuah acara di utara New York pada dua hari lalu.

"Dalam perjalanan menuju pemulihan," seperti dikatakan agennya, Andrew Wylie, seperti laporan Associated Press, Minggu (14/8/2022).

Pengumuman itu menyusul kabar bahwa penulis itu dilepas dari ventilator hari Sabtu dan dapat berbicara serta bercanda.

Agen sastra Andrew Wylie mengingatkan, meskipun kondisi Rushdie menuju ke arah yang benar, pemulihan kesehatannya akan menjadi proses yang panjang.

Rushdie (75), menderita kerusakan hati dan putus saraf di lengan dan mata, kata Wylie sebelumnya, dan kemungkinan besar akan kehilangan mata yang terluka.

"Meskipun luka-lukanya yang mengubah hidupnya parah, selera humornya yang penuh semangat dan menantang tetap utuh," kata putra Rushdie, Zafar Rushdie, dalam sebuah pernyataan hari Minggu yang menekankan ayahnya tetap dalam kondisi kritis.

Pernyataan atas nama keluarga juga mengungkapkan rasa terima kasih untuk "para hadirin yang dengan berani melompat membela dirinya," serta polisi, dokter, dan "curahan cinta dan dukungan dari seluruh dunia."

Baca Juga: Hadi Matar Pelaku Penusukan Salman Rushdie, Bersimpati pada Ekstrimis Syiah dan Garda Revolusi Iran

Hadi Matar, 24, tengah, sesaat setelah dilumpuhkan usai menusuk Salman Rushdie. Matar mengaku tidak bersalah di pengadilan New York atas tuduhan percobaan pembunuhan dan penyerangan. (Sumber: AP Photo)

Hadi Matar, 24, dari Fairview, New Jersey, mengaku tidak bersalah pada hari Sabtu atas tuduhan percobaan pembunuhan dan tuduhan penyerangan dalam apa yang disebut jaksa sebagai "serangan yang ditargetkan, tidak diprovokasi, direncanakan sebelumnya" di Chautauqua Institution, sebuah pusat pendidikan dan retret nirlaba.

Serangan itu disambut dengan kejutan dan kemarahan global, bersama dengan pujian untuk pria yang, selama lebih dari tiga dekade, telah melewati ancaman pembunuhan dan hadiah USD3 juta di kepalanya untuk "The Satanic Verses."

Rushdie bahkan menghabiskan sembilan tahun bersembunyi di bawah program perlindungan pemerintah Inggris.

Penulis, aktivis, dan pejabat pemerintah mengutip keberanian Rushdie dan perjuangan untuk kebebasan berbicara dalam menghadapi intimidasi semacam itu.

Penulis dan teman lama Ian McEwan menyebut Rushdie sebagai "pembela inspirasional dari penulis dan jurnalis yang teraniaya" dan aktor-penulis Kal Penn menyebutnya sebagai panutan "untuk seluruh generasi seniman, terutama banyak dari kita di diaspora Asia Selatan."

"Salman Rushdie, dengan wawasannya tentang kemanusiaan, dengan selera cerita yang tak tertandingi, dengan penolakannya untuk diintimidasi atau dibungkam - mewakili cita-cita universal yang esensial," kata Presiden AS Joe Biden dalam sebuah pernyataan hari Sabtu.

"Kebenaran. Keberanian. Ketahanan. Kemampuan untuk berbagi ide tanpa rasa takut," kata Biden.

Baca Juga: Media Iran Sanjung Penyerang Salman Rushdie, Menyebutnya sebagai Pemberani

Hadi Matar, 24 tahun, tiba untuk mendengar dakwaan di Gedung Pengadilan Chautauqua County di Mayville, NY, Sabtu, 13 Agustus 2022. Matar mengaku tidak bersalah di pengadilan New York atas tuduhan percobaan pembunuhan dan penyerangan. (Sumber: AP Photo)


Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x