Kompas TV internasional kompas dunia

Gelegar Profit, Aramco Untung Bersih USD88 Miliar Semester Pertama Tahun Ini

Kompas.tv - 15 Agustus 2022, 02:05 WIB
gelegar-profit-aramco-untung-bersih-usd88-miliar-semester-pertama-tahun-ini
Aramco Arab Saudi hari Minggu, (14/8/2022) mengumumkan laba bersihnya melonjak 90 persen di kuartal kedua, cuan semester pertama 2022 sebesar US$ 88 miliar (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

DUBAI, KOMPAS.TV - Perusahaan energi Saudi Aramco mengumumkan laba bersihnya melonjak 90 persen pada kuartal kedua dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pendapatan setengah tahun atau enam bulan pertama tahun 2022 ini mencapai hampir USD88 miliar, seperti laporan Associated Press, Minggu (14/8/2022).

Peningkatan tersebut merupakan keuntungan bagi kerajaan dan putra mahkota, karena orang-orang di seluruh dunia membayar harga gas yang lebih tinggi di pompa sementara perusahaan energi meraup pendapatan tertinggi.

Perusahaan minyak besar memiliki pendapatan kuartal yang kuat, seperti Exxon Mobil membukukan laba USD17,85 miliar yang belum pernah terjadi sebelumnya, sementara Chevron membuat rekor USD11,62 miliar. Shell Inggris juga memecahkan rekor keuntungannya sendiri.

Laba bersih Aramco dibantu oleh pendapatan kuartal kedua yang berakhir pada Juni, yang mencapai USD48,4 miliar, angka yang lebih tinggi dari enam bulan pertama tahun 2021, ketika laba hanya mencapai USD47 miliar.

Ini menetapkan rekor pendapatan kuartalan terbaru untuk Aramco sejak pertama kali melepas sekitar 5 persen saham perusahaan di pasar saham Saudi pada akhir 2019.

Penghasilannya untuk kuartal terakhir ini hampir sama dengan laba setahun penuh Aramco pada tahun 2020, ketika permintaan minyak jatuh selama lockdown pandemi Covid-19.

Baca Juga: Pejabat AS Datang ke Jakarta, Minta Indonesia Lawan Harga Minyak Rusia

Aramco Arab Saudi hari Minggu, (14/8/2022) mengumumkan laba bersihnya melonjak 90 persen di kuartal kedua, cuan semester pertama 2022 sebesar USD 88 miliar. (Sumber: KONTAN )

Pendapatan setengah tahunnya sebesar USD87,9 miliar menempatkan Aramco di jalur yang jauh melampaui pendapatan setahun penuh 2019 sebelum pandemi, ketika laba mencapai USD88 miliar.

Perusahaan memuji lonjakan harga minyak mentah yang lebih tinggi dan volume yang dijual, serta margin penyulingan yang lebih tinggi.

Cadangan minyak Arab Saudi yang besar termasuk yang termurah untuk diproduksi di dunia.

Keuangan Aramco sangat penting bagi stabilitas kerajaan; ketika marginnya tinggi, pertumbuhan ekonomi Arab Saudi mencerminkan hal itu.

Ketika negara-negara di seluruh dunia bergulat dengan inflasi dan resesi, Dana Moneter Internasional memproyeksikan ekonomi Saudi akan tumbuh lebih dari 7,6 persen tahun ini, tertinggi secara global.

Terlepas dari upaya bertahun-tahun oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman untuk mendiversifikasi ekonomi, dan beberapa keberhasilan dalam meningkatkan pendapatan nonminyak, Arab Saudi terus sangat bergantung pada ekspor minyak mentah yang membayar gaji sektor publik, serta manfaat besar bagi warga negara dan pengeluaran pertahanan.

Baca Juga: Kendalikan Pasokan, Malaysia Batasi Harga Minyak Goreng Kemasan 5kg Jadi Rp115.838

Rig minyak lepas pantai Aramco milik Arab Saudi, Juli 2021. Aramco Arab Saudi hari Minggu, (14/8/2022) mengumumkan laba bersihnya melonjak 90 persen di kuartal kedua, cuan semester pertama 2022 sebesar USD88 miliar. (Sumber: Arab News via Aramco)

Penghasilan Aramco juga membantu sang pangeran melaksanakan tujuan infrastruktur Visi 2030-nya.

Perusahaan akan membayar dividen sebesar USD18,8 miliar untuk kuartal kedua kepada pemegang saham, seperti yang telah dijanjikan sejak debutnya di pasar saham.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x