Kompas TV olahraga kompas sport

Ramai Disentil Warganet soal Angkat Trofi di Piala AFF U16 2022, Menpora: Itu Bukan Keinginan Saya

Kompas.tv - 14 Agustus 2022, 16:38 WIB
ramai-disentil-warganet-soal-angkat-trofi-di-piala-aff-u16-2022-menpora-itu-bukan-keinginan-saya
Pemain Timnas Indonesia U-16 bersama Menpora Zainudin Amali (tengah) merayakan kemenangan seusai mengalahkan Timnas Vietnam U-16 saat laga final AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I Yogyakarta, Jumat (8/12/2022). (Sumber: ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/rwa)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali angkat suara soal perbincangan warganet di media sosial saat ikut mengangkat trofi Piala AFF U16 untuk Indonesia.

Indonesia memenangi final menghadapi Vietnam dengan skor 1-0 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8) malam.

Kata Menpora kala itu ia diminta untuk naik poidum bersama Presiden AFF dan juga tamu undangan lainnya. Alhasil mau tidak mau dia tetap naik podium dan memberi penghargaan dan mengalungkan medali ke pemain.

Menpora menjelaskan dirinya bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau akrab disapa Iwan Bule dan Sekjen AFF diminta oleh Presiden AFF untuk penyerahan piala dan memegang tropinya, kemudian untuk bersama di angkat ke atas juga bersama-sama.

Baca Juga: Antar Timnas Indonesia Juarai Piala AFF U16 2022, Bima Sakti: Saya Cuma Pelatih Kampung

"Saya mendapat giliran menyerahkan kepada pemain terbaik dan mengalungkan medali bersama Ketum PSSI kepada juara I Indonesia. Setelah selesai semuanya, tibalah saatnya penyerahan piala AFF U-16 oleh Presiden AFF kepada kapten Tim," katanya.

"Saat itulah Presiden AFF meminta saya bersama Ketum PSSI dan Sekjen AFF untuk memegang piala bersama-sama kemudian diangkat ke atas bersama-sama," tambah Amali.

Usai penyerahan tropi itu, Menpora Amali mengaku justru diajak oleh kapten Indonesia Muhammad Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan berfoto bersama dengan pose mengangkat trofi untuk merayakan euforia kemenangan.

"Ramailah suasananya, anak-anak dengan riang gembira menikmati kemenangan sambil berfoto bersama. Setelah itu, saya turun podium, tapi baru beberapa langkah Iqbal dan kawan-kawan serta ofisial memanggil lagi supaya saya bersama Ketum PSSI berfoto dengan mereka," sebut Menpora Amali.

"Ada juga momen yang sambil mengangkat piala trofi itu. Jadi, bukan keinginan saya. Tapi Iqbal dan kawan-kawan yang sedang gembira meminta saya berfoto memegang piala dengan mereka. Bahkan, saya juga diajak keliling lapangan bersama mereka sambil menyapa penonton. Begitulah kejadian sebenarnya," tukas Menpora.

Diketahui, warganet ramai-ramai menyentil Ketum PSSI dan Menpora yang mengangkat trofi Piala AFF usai Timnas Indonesia U16 usai mengalahkan Vietnam.

Biasanya, trofi diangkat oleh kapten tim sebagai penghormatan bagi para pemain serta pelatih yang telah berjuang di atas lapangan, sedang para pejabat teras seperti menteri hingga pejabat federasi sebatas memberikan kepada pemain atau pelatih.

Baca Juga: Garuda Asia Jadi Juara Piala AFF 2022, PSSI Rencana Kirim Timnas U16 Indonesia TC di Luar Negeri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x