Kompas TV nasional rumah pemilu

Hari Terakhir Pendaftaran, 3 Parpol Belum Mengonfirmasi Daftar sebagai Peserta Pemilu 2024

Kompas.tv - 14 Agustus 2022, 12:23 WIB
hari-terakhir-pendaftaran-3-parpol-belum-mengonfirmasi-daftar-sebagai-peserta-pemilu-2024
Hingga hari terakhir pendaftaran partai politik (parpol) sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2022, Minggu (14/8/2022), masih ada tiga  parpol belum mengonfirmasi pendaftaran.. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Hingga hari terakhir pendaftaran partai politik (parpol) sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2022, masih ada tiga partai politik (parpol) belum mengonfirmasi apakah akan mendaftar sebagai atau tidak.

Ketiga partai politik tersebut adalah Partai Damai Sejahtera Pembaharuan, Partai Mahasiswa Indonesia, dan Partai Pergerakan Kebangkitan Desa.

Berdasarkan pantauan jurnalis Kompas TV,  Gratia Adur,  di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Minggu (14/8/2022), pihak KPU menyampaikan, rencananya hari ini ada 10 partai politik non parlemen yang akan mendaftar ke KPU.

Selain kesepuluh parpol yang baru akan mendaftar tersebut, tiga parpol lainnya akan pendaftaran ulang karena masih ada berkas yang belum lengkap.

“Pada hari Sabtu kemarin, tiga partai politik ini sudah mendaftar tapi belum lengkap, akhirnya datang kembali ke kantor KPU pusat pada hari ini,” tuturnya di program Kompas Siang di Kompas TV.

Ketiga partai politik tersebut adalah Partai Parsindo, Partai Pelita, dan Partai Republiku Indonesia.

Namun hingga pukul 11.40 WIB, baru ada satu parpol yang tiba di kantor KPU Pusat, yakni Partai Parsindo.

Baca Juga: KPU: Tiga Partai Politik Belum Konfirmasi Lanjut soal Pendaftaran Pemilu 2024

Saat tiba, pengurus parpol ini menuju help desk terlebih dahulu untuk melakukan konsultasi terkait berkas-berkas yang dirasa belum lengkap.

“Setelah dirasa lengkap baru mereka menuju ke lantai dua dan untuk bertemu beberapa staf KPU untuk menyerahkan berkas yang belum lengkap. Partai lain akan menyusul pukul 14.00 WIB,” tuturnya.

Ia menambahkan, hingga hari ini baru ada 21 partai politik yang berkas pendaftarannya sudah dinyatakan lengkap, sementara delapan partai politik lainnya masih dalam proses tahapan melengkapi berkas yang ada.

“Sampai hari ini pihak KPU juga masih menunggu tiga partai politik yang sampai saat ini belum mengonfirmasi apakah ikut atau tidak dalam mendaftar sebagai calon peserta pemilu 2024.”

“Di antaranya Partai Damai Sejahtera Pembaharuan, Partai Mahasiswa Indonesia, dan Partai Pergerakan Kebangkitan Desa yang sampai hari ini belum mengonfirmasi,” jelasnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x