Kompas TV regional agama

Hari Ini, Jemaah Haji Kloter Terakhir Debarkasi Solo Tiba di Tanah Air

Minggu, 14 Agustus 2022 | 05:54 WIB
hari-ini-jemaah-haji-kloter-terakhir-debarkasi-solo-tiba-di-tanah-air
Ilustrasi jemaah haji Indonesia yang hendak pulang ke Indonesia pada hari ini Minggu, 14 Agustus 2022 (Sumber: ANTARA/Desi Purnamawati)

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

BOYOLALI, KOMPAS.TV — Jemaah haji kelompok terbang (kloter) 43 dari Debarkasi Solo, Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jawa Tengah, tiba di Tanah Air pada hari ini, Minggu (14/8/2022) pagi.

Kloter 43 merupakan kloter terakhir Debarkasi Solo yang dipulangkan dari Tanah Suci Mekkah pada musim haji 1444 H/2022 M.

"Kepulangan kloter 43 ini mengakhiri operasional pemulangan jemaah haji Debarkasi Solo pada musim haji tahun ini," kata Koordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo Sarip Sahrul Samsudin seperti dilansir Kompas.com, Sabtu (13/8/2022).

Lebih lanjut, Sarip mengatakan kedatangan pesawat yang membawa 347 jemaah haji dijadwalkan mendarat sekitar pukul 05.50 WIB pagi ini di Bandara Adi Soemarmo.

Selain itu, para jemaah asal Kabupaten Purbalingga, Kota Pekalongan, Kabupaten Sleman, dan Kota Tegal ini nantinya akan disambut oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Hilman Latief.

Baca Juga: Kemenag: Hari ini 81.612 Jemaah Haji Tiba di Tanah Air, 86 Wafat

Lalu, Staf Ahli Menteri Agama dan Staf Khusus Menteri Agama, Kepala Biro Humas Data dan Informasi Kementerian Agama serta Kepala Kantor Kementerian Agama Jawa Tengah.

Jemaah haji kloter 43 ini dijadwalkan tiba di Asrama Haji Donohudan sekitar pukul 06.30 WIB. Kemudian, mereka akan mengikuti prosesi serah terima di Gedung Muzdalifah Asrama Haji Donohudan.


Setelah itu para jemaah haji langsung dipulangkan ke daerah asal dengan menggunakan armada bus yang telah disiapkan oleh pemerintah daerah.

Dikatakan Sarip, prosesi penutupan kloter musim haji di seluruh Indonesia pada tahun ini akan dipusatkan di Debarkasi Solo pada Minggu (14/8) pukul 07.30 WIB.

"Penutupan kloter di seluruh Indonesia nanti dipusatkan dari Solo pukul 07.30 WIB," terang Sarip.

Sebagai informasi, Debarkasi Solo telah memberangkatkan sebanyak 15.447 orang warga asal Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada musim haji tahun ini.

Mereka terbagi menjadi 43 kloter dengan masing-masingnya berjumlah sebanyak 360 orang.

Adapun jemaah haji yang meninggal di Tanah Suci sebanyak 18 orang. Dengan rincian, tiga orang wafat di Madinah, 14 orang di Makkah, dan 1 orang di Pesawat.

Per Sabtu (13/8) tercatat ada satu jemaah haji yang masih dirawat di Makkah lantaran sakit.

Baca Juga: Satu Jemaah Haji Jalani Perawatan Intensif di Arab Saudi


Sumber : Kompas TV/Kompas.com

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x