Kompas TV video vod

Kampanye Selamatkan Lingkungan, Pemuda di Minahasa Buat Karya Seni dari Sampah

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 15:36 WIB

Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Iin Samiadji dikenal sebagai seorang perupa satwa liar menggunakan bahan sampah. Pemuda asal Kecamatan Airmadidi, Minahasa Utara itu telah membuat puluhan karya seni dari berbagai jenis sampah yang dikumpulkannya.

Iin panggilan akrabnya, mengumpulkan berbagai jenis sampah mulai dari plastik hingga puntung rokok. Ia mulai merangkai potongan sampah hingga membentuk visual satwa liar.

Baca Juga: Kampung Seni Palebon, Ajak Anak Lestarikan Seni Karawitan

Ada visual burung rangkong Sulawesi dan babirusa yang dibuat tanpa melukis dan mewarnai, melainkan hanya melalui potongan sampah yang disesuaikan komposisi warnanya.

Selain itu, Iin Samiadji yang juga pegiat lingkungan KMPA Tunas Hijau Airmadidi di Kabupaten Minahasa Utara membuat karya seni berupa penyu dari puluhan tutup botol plastik, primata tarsius dari ribuan puntung rokok, beruang kutub dari sendok, dan garpu plastik, hingga monyet hitam yaki berbahan dasar sedotan plastik sisa minuman kafe.

Seluruh hasil karya seni ini dibuatnya dengan satu tujuan yaitu mengampanyekan penyelamatan lingkungan hidup.

Ia juga sengaja mengangkat tema satwa liar pada hasil karya seninya untuk mengingatkan bahwa kerusakan lingkungan akan berdampak juga terhadap kelangsungan hidup satwa liar.

Berkat kreativitasnya sampah bisa menjadi hasil karya seni yang memiliki nilai ekonomis.

Beberapa karyanya sudah dipamerkan di beberapa kegiatan bahkan salah satu karyanya pernah menjadi juara di sebuah lomba seni.

Namun yang terpenting bagi Iin Samiadji melalui karyanya ia bisa berkontribusi mengatasi persoalan lingkungan terutama masalah sampah.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x