Kompas TV regional berita daerah

Jamasan 2 Kereta Kencana dan Benda Pusaka Kabupaten Pemalang

Kompas.tv - 12 Agustus 2022, 11:52 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEMALANG, KOMPAS.TV - Untuk melestarikan dan menjaga tradisi leluhur, Pemerintah Kabupaten Pemalang Jawa Tengah, melakukan jamasan kereta kencana dan benda pusaka peninggalan leluhur ratusan tahun silam.

Prosesi jamasan pusaka diawali dengan dua kereta kencana milik Kabupaten Pemalang yang bernama Kyai Turonggo Jati dan Kyai Seto Mraman. Penjamasan dipimpin langsung oleh Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo.

Selain dua kereta kencana, penjamasan benda pusaka juga dilakukan di keris, tombak, dan pedang. Tradisi ini merupakan agenda tahunan setiap bulan Suro atau Muharram. Penjamasan pusaka merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Pemalang dalam rangka menjaga dan melestarikan budaya, sehingga tidak lekang dimakan zaman karena masuknya modernisasi dan budaya asing.

Meski sudah banyak benda pusaka yang dikumpulkan namun diakui budayawan Pemalang masih banyak yang tercecer. Sehingga ke depan benda-benda pusaka peninggalan perjuangan masyarakat Pemalang dapat kembali dikumpulkan.

Selain penjamasan benda pusaka, Pemerintah Kabupaten Pemalang juga melakukan kegiatan beber wayang dan boyong kereta sebagai upaya melestarikan tradisi budaya.

#pemalang #jamasan #bendapusaka






 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.