Kompas TV regional berita daerah

Marak Penipuan, Masyarakat Diimbau Selektif Pilih Biro Umrah

Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:11 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Agar tidak tertipu, masyarakat diimbau untuk berhati-hati dalam memilih biro perjalanan haji dan umrah, termasuk jangan percaya terhadap calo atau orang yang mengaku dari biro haji.

Berdasarkan data Kemenag Kota Semarang, Jawa Tengah, jumalah biro umrah yang terdaftar berpusat ada 15 biro, sementara biro umrah terdaftar yang merupakan cabang biro luar kota ada 33 cabang biro.

 Kementerian Agama Kota Semarang menegaskan, untuk menghindari penipuan masyarakat harus cerdas dalam mendaftar di biro perjalanan haji dan umrah. Dan masyarakat bisa mengecek terlebih dahulu melalui aplikasi web simpu Kementerian Agama RI.

Sementara itu,  pengelola biro haji dan umrah Asshodiqiyah, Shodiq Hamzah meminta agar masyarakat jangan mudah percaya dengan calo atau orang yang mengaku dari biro perjalanan umrah. Masyarakat harus pastikan biro tersebut resmi atau tidak . Pemerintah melalui institusi terkait diminta untuk menertibkan biro perjalanan haji dan umrah yang nakal atau tidak berizin.

"Kalo bisa diimbau masyarakat daftar umrah di Kemenag. Artinya dibuat perwilayah seperti haji reguler. Kalo sudah dibegitukan mungkin masyarakat tidak mengalami korban," ujar Shodiq Hamzah, Pengelola Biro Haji dan Umroh Asshodiqiyah.

Sejauh ini Kementerian Agama Kota Semarang sangat selektif  dan merekomendasikan  untuk pembuatan paspor yang dikeluarkan, harus berdasarkan permohonan atau keterangan biro umrah yang berizin.

#semarang #kementerianagama #biroumrah



 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


VOD

Sail Teluk Cenderawasih Upaya Tingkatkan Investasi

Sabtu, 4 Februari 2023 | 23:39 WIB
Close Ads x