Kompas TV nasional peristiwa

Bupati Pemalang Kena OTT KPK, Ganjar: Saya Sudah Mengingatkan Berkali-kali

Jumat, 12 Agustus 2022 | 08:19 WIB
bupati-pemalang-kena-ott-kpk-ganjar-saya-sudah-mengingatkan-berkali-kali
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Sumber: Kompas TV)

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

SEMARANG, KOMPAS.TV — Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengatakan sudah mengingatkan berkali-kali para kepala daerah hingga pejabat di wilayah pimpinannya untuk tidak korupsi.

Sehingga, Ganjar menyayangkan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang melibatkan Bupati Pemalang, Jawa Tengah, Mukti Agung Wibowo (MAW), pada Kamis (11/8/2022) malam.

Terkait penangkapan salah satu kepala daerah di wilayahnya, lebih lanjut ia akan menunggu perkembangan.

"Saya sebenarnya sudah mengingatkan berkali-kali kepada kawan-kawan dan tentu saja saya akan menunggu perkembangan yang ada," kata Ganjar dalan keterangan tertulis, Kamis (11/8/2022).

Ganjar juga menyebut, dirinya sudah cukup sering memperingatkan para kepala daerah untuk tidak terlibat korupsi.

Baca Juga: KPK Benarkan Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo Diamankan, Dugaan Korupsi

Apalagi, menurut Ganjar, Jawa Tengah sudah lama bekerja sama dengan KPK untuk pencegahan korupsi.


 

“Saya selalu mengingatkan karena sebenarnya kerja sama kita dengan para penegak hukum, dengan KPK itu sudah terlalu sering,” ujarnya.

Salah satu peringatan yang biasa dilakukan, yakni berupa kode dan pengingat bagi kepala daerah untuk terus melakukan kontrol diri.

“Hati-hati ya di Jawa Tengah ada yang umpama jual beli jabatan, ada lho di Jawa Tengah yang main proyek, ada lho yang seperti ini kira-kira yang jahat. Nah, pada saat itu kita harus melakukan kontrol diri,” kata Gubernur.

Ganjar mengatakan komunikasi tentang bisnis yang berujung pada usulan kebijakan seringkali berpotensi pada tindakan rasuah.

"Sudah terlalu banyak sih beberapa kasus kan muncul, umpama mungkin mengajukan usulan, didampingi, mendapatkan fee, yang seperti itu biasanya (potensi korupsi),” kata Ganjar.

Oleh sebab itu, ia memperingatkan kepala daerah dan pejabat di Jawa Tengah untuk menghentikan kejahatan korupsi.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Pemalang, Jawa Tengah, Mukti Agung Wibowo terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri membenarkan informasi tersebut. Tak hanya Mukti, KPK juga mengamankan sekitar 20 orang lainnya yang kemudian menjalani pemeriksaan intensif di Gedung Merah Putih KPK.

Mukti bersama beberapa orang lainnya dimintai keterangan karena mereka diduga melakukan tindak pidana korupsi.

"Benar pada Kamis (11/8/2022) sore hingga malam, KPK telah melakukan serangkaian tangkap tangan terhadap beberapa pihak yang diduga sedang melakukan tindak pidana korupsi," kata Ali.

Baca Juga: Bupati Pemalang Dikabarkan Kena OTT KPK, Foto Kantor Bupati Disegel KPK Beredar


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Korban Serangan Buaya Ditemukan

Senin, 5 Desember 2022 | 23:50 WIB
Close Ads x