Kompas TV nasional politik

Gerindra Akui Ada Kedekatan Antara Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto

Kamis, 11 Agustus 2022 | 20:48 WIB
gerindra-akui-ada-kedekatan-antara-presiden-jokowi-dan-prabowo-subianto
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat berkuda bersama di Hambalang, Senin 31 September 2016. (Sumber: Tribunnews)

Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengakui Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki hubungan yang baik dengan Ketua Umum Prabowo Subianto.  

Menurut dia, hubungan itu terjadi lantaran Prabowo Subianto merupakan pembantu Presiden Jokowi di dalam Kabinet Indonesia Kerja, yaitu Menteri Pertahanan atau Menhan.

"Soal kedekatan Presiden dengan Menhan itu ada, karena sebagai presiden tentunya harus sinergi kompak dan saling nyambung supaya tugas-tugas yang diberikan bisa dikerjakan dengan baik dan lancar," kata Dasco kepada wartawan, Kamis (11/8/2022).

Ia menjelaskan, di dalam menjalankan roda pemerintahan yang baik itu sudah seharusnya terjadi hubungan yang harmonis antara pimpinan dan bawahan.

"Oleh karena itu, di luar sinyal dukung-mendukung hal itu memang harus dilakukan, sesuai dengan hubungan kerja dan harus saling nyambung tentunya, supaya apa yang dimaksud dan dikerjakan itu sinkron," ujarnya.

Baca Juga: Ingatkan Prabowo dan Gerindra, Pengamat: Pemilih PKB Tak Otomatis Pilih Cak Imin


Meski begitu, dirinya tak ingin berspekulasi kalau kedekatan mereka dinilai sebagai sebuah dukungan kepada Prabowo dari Presiden Jokowi di Pilpres 2024 mendatang. 

"Kami berbaik sangka saja, apa yang dilakukan itu memang untuk mendukung kinerja atau mendukung tugas-tugas yang diberikan Presiden kepada Menhan, dan rasanya masih jauh kalau dikaitkan dengan sinyal dukung-mendukung capres."

"Kami bersyukur bahwa hubungan kedua orang itu baik dan saling mendukung sehingga nyambung gitu aja," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Persatuan dan Pembangunan (PPP) Arsul Sani menyebut, hingga saat ini terdapat tiga tokoh politik yang diperkirakan mendapat dukungan Presiden Jokowi jelang gelaran Pilpres 2024 mendatang.

Baca Juga: PPP Beberkan 3 Tokoh yang Dapat Dukungan Presiden Jokowi Jelang Pilpres 2024

Anggota Komisi III DPR RI itu menjelaskan, tokoh yang pertama adalah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Sebab, Menteri Pertahanan itu terlihat selalu mendampingi Kepala Negara dalam setiap kegiatan. 

"Kita lihat lah ya kalau sekarang kemudian di media berkembang pendapat bahwa Pak Jokowi meng-endorse (mendukung) Pak Prabowo yaitu wajar. Karena saya kira Pak Prabowo yang kami lihat itu juga terlihat dalam sejumlah kegiatan bersama Pak Jokowi dan itu secara implisit sebetulnya menunjukkan endorsement," kata Arsul kepada wartawan, Kamis (4/8/2022). 

Selain itu, kata Arsul, sosok Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno diprediksi juga mendapat dukungan dari Presiden Jokowi. 

Selanjutnya, tokoh itu berada di luar kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin, yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x