Kompas TV nasional agama

Apa itu Halaqah Fiqih Peradaban, Digelar PBNU di 250 Titik Sambut Satu Abad NU

Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:41 WIB
apa-itu-halaqah-fiqih-peradaban-digelar-pbnu-di-250-titik-sambut-satu-abad-nu
Erick Thohir dan Gus Yahya dalam peluncuran Halaqah Fiqih Peradaban yang mulai digelar hari ini, Kamis (11/8/2022) (Sumber: Dokumentasi PBNU)

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) resmi menyelenggarakan seri pertama Halaqah Fiqih Peradaban dalam rangka menyambut Satu Abad NU. Pada hari ini, Kamis (11/9/2022) di Pesantren Krapyak, Yogyakarta. 

Apa itu Halaqah Fiqih Peradaban? 

Halaqah Fiqih Peradaban adalah pertemuan para Kiai dan Ulama untuk membincang persoalan-persoalan keagamaan dan kaitannya dalam masyarakat. Tidak hanya bagi warga NU dan Indonesia, tapi disebut juga untuk masyarakat dunia. 

Rencananya Halaqah Fiqih Peradaban ini akan diselenggarakan di 250 titik lokasi, dan puncaknya pada Januari 2023 mendatang jelang satu Abad NU.

Satu Abad NU jatuh pada 16 Rajab 1444 H atau bertepatan dengan bulan Februari 2022. 

Ketum PBNU, KH Yahya Staquf atau Gus Yahya dalam kick off Satu Abad NU menjelaskan, Halaqah ini akan melibatkan para kiai NU dari seluruh Indonesia.

Gus Yahya menyebut, Halaqah atau pertemuan para kiai dan ulama ini  sebagai upaya untuk menggali gagasan-gagasan brilian para kiai.

Selain itu, pertemuan ini sebagai upaya Gus Yahya menghidupkan gagasan Gus Dur dan konteksnya dengan memajukan peradaban melalui agama. 

"Pokoknya kiai-kiai kampung kita ajak semua untuk membicarakan masalah ini," paparnya dikutip dari situs NU. 

Hasil halaqah ini, kata Gus Yahya, akan dibawa ke Muktamar Internasional Fiqih Peradaban dan dijadikan sebagai solusi bagi peradaban dunia.

"Kita punya ulama yang cerdas-cerdas, yang pasti punya gagasan bernas yang akan kita tawarkan kepada bukan hanya bangsa dan negara ini, tetapi kepada seluruh dunia," tegas Gus Yahya.

Sementara itu, dalam peluncurannya hari ini, Ketua Pengarah Peringatan 1 Abad NU,  H Erick Tohir minta izin kepada kiai, ibu Nyai dan ulama agar rentetan acara Haralah 1 Abad NU berjalan lancar.


Sumber : Kompas TV/NU Online

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x