Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Induk SCTV Jual Saham DANA ke Lazada Senilai Rp4,5 T

Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:59 WIB
induk-sctv-jual-saham-dana-ke-lazada-senilai-rp4-5-t
Layanan dompet digital DANA. (Sumber: Dok. DANA)

Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) menjual sebagian saham di dompet digital DANA kepada Lazada. Transaksi itu dilakukan oleh anak usaha EMTK, yaitu PT Kreatif Media Karya (KMK) yang menjual sebagian sahamnya di PT Elang Andalan Nusantara (EAN) kepada Lazadapay Holdings Pte Ltd.

EAN adalah perusahaan yang menaungi DANA. Sedangkan EMTK adalah perusahaan yang milik keluarga konglomerat Sariaatmadja dan membawahi banyak perusahaan. Diantaranya adalah stasiun televisi SCTV, Indosiar, OChannel dan aplikasi streaming film Vidio.

"KMK, anak perusahaan yang dimiliki 99,99 persen oleh perseroan, telah menjual dan mengalihkan sebagian sahamnya di EAN," kata Corporate Secretary EMTK Titi Maria Rusli dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, Kamis (11/8/2022).

Titi menjelaskan, pada 10 Agustus 2022 KMK dan Lazadapay Holdings Pte Ltd telah menandatangani akta pengalihan saham sebanyak 202 sajam seri A dan 4.792.986 saham seri B di EAN. Untuk harga penjualannya sebesar  304,5 juta dollar AS atau setara Rp 4,5 triliun (kurs Rp 14.800).

Baca Juga: Google Nobatkan Gojek dan Whatsapp Sebagai "Aplikasi Pembentuk Generasi" di Indonesia

Setelah penyelesaian transaksi penjualan saham itu, maka kepemilikan saham KMK di EAN akan mengalami penurunan jumlah.

"Di lain pihak, KMK akan memperoleh hasil penjualan saham yang akan berpengaruh positif kepada kondisi kas keuangan KMK dan Perseroan," ujar Titi.

Pihak DANA sendiri baru saja mendapat suntikan modal dari Sinar Mas Grup dan Lazada Grup senilai 200 juta dollar AS atau sekitar Rp2,87 triliun.

CEO & Co-Founder DANA Indonesia Vincent Iswara menyatakan, bahwa suntikan investasi teranyar ini membuktikan kepercayaan dan keyakinan kedua investor terhadap visi, strategi, dan peran penting DANA dalam mempercepat literasi dan inklusi keuangan untuk masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Tentara Thailand Akan Boikot Lazada karena Dianggap Menghina Kerajaan

"Kami sangat bangga atas bergabungnya Sinar Mas dan Lazada Group sebagai pemegang saham DANA, bersama dengan pemegang saham terdahulu yang senantiasa mendukung kami, yaitu EMTEK Group dan Ant Group," tutur Vincent dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/8/2022).

Ia mengatakan, tambahan modal tersebut akan digunakan untuk memperluas jangkauan DANA dan meningkatkan layanan. Saat ini, DANA mengklaim memiliki lebih dari 115 juta pengguna di seluruh Indonesia.

DANA diluncurkan pada 2018 dan kini memiliki 900 karyawan yang mengolah rata-rata lebih dari 10 juta transaksi harian. DANA telah bekerja sama dengan lebih dari 18 juta merchant yang tergabung dalam jaringan QRIS nasional.


Sumber :

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x