Kompas TV nasional rumah pemilu

Sabtu, Gerindra-PKB Gelar Deklarasi Koalisi Pilpres 2024

Kompas.tv - 11 Agustus 2022, 13:13 WIB
sabtu-gerindra-pkb-gelar-deklarasi-koalisi-pilpres-2024
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (8/8/2022). (Sumber: Humas DPP PKB. )
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

 JAKARTA, KOMPAS TV – Wasekjen DPP PKB Syaiful Huda mengatakan, deklarasi koalisi politik Partai Gerindra dan PKB menyongsong gelaran Pilpres tinggal selangkah lagi. Seremonial itu akan digelar di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor pada Sabtu (13/8/2022). 

“Jadi waktu deklarasi ini sehari setelah kawan-kawan Gerindra menyeleseikan Rapimnas mereka. Tentu pemilihan waktu deklarasi ini sengaja menunggu selesainya event Rapimnas Gerindra karena kami menghormati forum tersebut,” kata Syaiful dalam keterangan tertulis, Kamis (11/8/2022). 

Baca Juga: Gandeng PKB, Pengamat Sebut Gerindra Ingin Ganti Selera Politik Islam di 2024

Ia menjelaskan, sejumlah elit Gerindra dan PKB melakukan pertemuan pada Rabu (10/8/2022) untuk mematangkan teknis dalam deklarasi nanti. 

“Memang kami kembali bertemu untuk mematangkan teknis pelaksanaan deklarasi dan finalisasi Piagam Deklarasi. Saat ini kepastian waktu pelaksanaan dan venue deklarasi telah disepakati. Tinggal pematangan terkait teknis acara dari panitia bersama sehingga agenda tersebut bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya. 

Huda mengatakan, proses kerja sama politik Gerindra dan PKB ini dilakukan telah difinalisasi dan dimatangkan demi memenangkan pesta demokrasi mendatang. 

Menurutnya, langkah ini penting agar kerja sama politik yang dilakukan benar-benar menjadi kesepakatan kedua belah pihak dan tidak ada yang merasa ditinggalkan. 

“Maka kami sangat menghitung proses kerja sama politik ini mulai dari komunikasi kedua ketua umum, dilanjutkan pertemuan antar-pengurus wilayah, kemudian kemarin kita baru saja daftar bareng sebagai parpol peserta Pemilu 2024 ke KPU dan nanti akan diresmikan melalui deklarasi bersama dengan penandatangan kesepakatan kerja sama politik hitam di atas putih,” katanya. 

Ia menyebut, deklarasi kerja sama politik Gerindra dan PKB nanti akan dihadiri ribuan kader kedua partai politik. Selanjutnya, masin-masing ketua umum Gerindra dan PKB akan menyampaikan orasi politik terkait latar belakang kerja sama dan visi tentang Indonesia yang lebih baik di masa depan. 

Baca Juga: Ingatkan Prabowo dan Gerindra, Pengamat: Pemilih PKB Tak Otomatis Pilih Cak Imin

“Nantinya selain dibacakan piagam deklarasi juga Pak Bowo dan Gus Muhaimin akan menyampaikan orasi politik tentang visi mereka tentang Indonesia,” kata dia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.