Kompas TV regional gaya hidup

Validasi Perasaan Kesepian di Masa Pandemi

Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:47 WIB
validasi-perasaan-kesepian-di-masa-pandemi
Seorang perempuan yang kesepian (Sumber: Freepik)

Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Desy Afrianti

Setiap orang pasti pernah merasa kesepian. Belum lagi pandemi Covid-19 memaksa kita untuk membatasi interaksi sosial.

Meskipun sekarang batasan itu mulai longgar, tapi kita masih harus menjaga jarak dan berhati-hati. Hal ini karena virus tersebut belum benar-benar hilang.

Azzah, teman Halo Jiwa, mengalami perasaan kesepian pasca melahirkan anak pertama. Perempuan itu kemudian berbagi pengalaman dan cara mengatasi kesepian melalui siniar Anyaman Jiwa dalam episode “Alasan Kenapa Aku Merasakan Kesepian” yang tayang di Spotify.

Selain harus beradaptasi dengan keluarga dan lingkungan baru, Azzah juga mengalami kondisi kesepian yang intens. “Makin diperburuk karena aku melahirkan di masa pandemi Covid-19,” ucap Azzah.

Baca Juga: Cat Lovers Simak, Ini Berbagai Tanda Kucing Sudah Mulai Bosan dan Kesepian

Edhborg dkk. (2005) menjelaskan dalam penelitiannya bahwa perempuan yang menikah akan mengalami krisis identitas, terutama jika baru pertama kali memiliki anak. Secara sadar maupun tidak, mereka akan membandingkan kehidupannya yang dulu dengan yang sekarang.

“Dunia saya hanya sebatas rumah dan mengurus anak. Ketika saya melihat teman-teman yang lain bekerja dan berjalan-jalan sendiri dengan bebas, rasa kesepian itu bisa muncul lagi,” ungkap Azzah.

Perasaan kesepian yang dirasakan Azzah diperparah karena pandemi. Azzah jadi tidak bisa bercerita atau setidaknya melepas kepenatan dengan mengubah rutinitas. Ditambah pula munculnya perasaan cemas jika meninggalkan buah hati.

Azzah juga menyadari bahwa perasaan kesepian yang berlarut bisa memicu masalah mental yang lebih kompleks dan besar. Terlebih, Azzah juga merasakan kehidupannya hanya sebatas di rumah saja.

Sebagai manusia yang kehidupannya terkungkung, Azzah mengalami kurangnya validasi atas keberadaan dan perasaannya.

“Merasa tidak ada yang peduli dan memahami perasaan saya. Jadinya, semua masalah saya simpan sendiri,” ucap Azzah. Perasaan Azzah itu mencerminkan kesepian bisa muncul dari pengaruh internal dan eksternal, terutama merasa sendiri di tengah keramaian.

Baca Juga: Persiapkan Mental Sebelum Menikah, Penting Dirundingkan dengan Pasangan

Namun, merasa sendiri di tengah keramaian bisa dipicu karena seseorang tidak berada di lingkungan yang tepat atau tidak bisa menerima dirinya. Akhirnya, orang tersebut merasa tidak nyaman.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x