Kompas TV entertainment musik

4 Fakta Olympic Stadium Seoul, akan jadi Tempat Konser IU dan NCT

Kamis, 11 Agustus 2022 | 00:05 WIB
4-fakta-olympic-stadium-seoul-akan-jadi-tempat-konser-iu-dan-nct
Jamsil Olympic Stadium. Penyanyi KPop IU akan menjadi penyanyi perempuan pertama yang menggelar konser di Jamsil Olympic Stadium Seoul, Korea Selatan berkapasitas tempat duduk 69.950 orang. (Sumber: Geoclick2 flickr)

Penulis : Dian Septina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penyanyi KPop IU akan menjadi penyanyi perempuan pertama yang menggelar konser di Jamsil Olympic Stadium Seoul, Korea Selatan berkapasitas tempat duduk 69.950 orang.

"IU akan menggelar konser The Golden Hour pada 17 dan 18 September di Jamsil Olympic Stadium, Seoul. IU akan menjadi penyanyi KPop perempuan pertama yang menggelar konser di stadion tersebut," kata pihak EDAM Entertainmnet selaku agensi, dilansir Allkpop, Rabu (10/8/2022).

Warganet sempat membahas bahwa tidak ada penyanyi perempuan yang pernah menggelar konser di Olympic Stadium Seoul. Namun sekarang IU akan menjadi yang pertama sepanjang sejarah.

Jamsil Stadium atau yang juga dikenal sebagai Olympic Stadium Seoul (Stadion Olimpiade Seoul) adalah stadion multiguna yang dibuat untuk gelaran Asian Games ke-10 di tahun 1986 dan Olimpiade Musim Panas 1988.

Baca Juga: Jadwal Tur Dunia BLACKPINK Dirilis, akan Mampir di Jakarta Tahun Depan

Dengan kapasitas yang besar, Jamsil Olympic Stadium merupakan tempat konser yang prestisius dan menjadi impian banyak penyanyi asal Korea Selatan.

Sebelumnya, hanya H.O.T., Shinhwa, g.o.d., Jo Yong Pil, TVXQ, Lee Seung Hwan, Lee Seung Chul, JYJ, Lee Moon Sae, Seo Taiji, EXO, dan BTS yang pernah tampil di Olympic Stadium Seoul.

Berikut ini fakta-fakta soal Jamsil Olympic Stadium:

1. Desain Stadion

Dilansir dari laman sportskeeda, stadion ini dirancang oleh Kim Swoo-Geun dan pekerjaan konstruksi untuk stadion dimulai pada 1977. Tujuan hadirnya stadion saat itu adalah menjadi tuan rumah Asian Games pada 1986.

Dua tahun kemudian, Olympic Stadium Seoul juga menjadi stadion utama penyelenggaraan Olimpiade Musim Panas. Sampai saat ini Olympic Stadium Seoul masih termasuk stadion termegah di Korea Selatan.

2. Biaya Pembangunan

Olympic Stadium Seoul dibangun dengan biaya 430 juta dolar AS atau sekitar Rp6,1 triliun. Stadion ini termasuk peringkat ke-4 dalam daftar tempat paling mahal yang dibangun untuk Olimpiade Musim Panas.

Garis yang ada di stadion meniru lekukan elegan dari vas porselen Dinasti Joseon Korea. Kursi penonton didistribusikan dalam dua tingkat dan tertutup seluruhnya.

Baca Juga: Korea Selatan Banjir Bandang, Maudy Ayunda Ungkap Kondisinya Terkini

3. Peresmian Stadion

Olympic Stadium Seoul resmi dibuka pada 29 September 1984. Pembukaan stadion ini dilakukan tujuh tahun setelah pekerjaan konstruksi dimulai.

Stadion ini dipakai oleh Asosiasi Sepak Bola Korea untuk menggelar pertandingan sepak bola sesekali.

4. Konser NCT Dream dan IU

Selain IU, NCT Dream juga akan menggelar konser solo ke-2 yang bertajuk 'The Dream Show 2: In A Dream' di Jamsil Stadium.

SM Entertainment yang menaungi NCT Dream telah mengumumkan tanggal konser pada 8-9 September 2022.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


VOD

11 Fakta Kasus Pembunuhan Berencana Brigadir J

Jumat, 9 September 2022 | 20:05 WIB
Close Ads x