Kompas TV olahraga kompas sport

Drawing Piala AFF 2022 Digelar 30 Agustus, Begini Format yang Digunakan

Kompas.tv - 10 Agustus 2022, 18:13 WIB
drawing-piala-aff-2022-digelar-30-agustus-begini-format-yang-digunakan
Drawing Piala AFF 2022 akan digelar pada 30 Agustus mendatang di Bangkok dan bakal disiarkan secara langsung melalui live streaming. (Sumber: Twitter @affmecup)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) resmi mengumumkan bahwa drawing Piala AFF 2022 akan dilakukan pada Selasa (30/8/2022). 

Undian akan dihelat di Bangkok, Thailand, pukul 14.00 WIB. Turnamen itu pada tahun ini berganti nama menjadi AFF Mitsubishi Electric Cup 2022, karena adanya sponsor baru. Acara drawing akan dihadiri perwakilan Dewan AFF, Asosiasi anggota, sponsor dan beberapa tim yang berpartisipasi. 

Sembilan negara yang diundi dan pasti masuk ke penyisihan grup Piala AFF 2022 terdiri dari Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Brunei Darussalam dan Timor-Leste akan memperebutkan tempat kesepuluh dengan menjalani pertandingan playoff babak kualifikasi.

Memasuki edisi yang ke-14, format Piala AFF 2022 akan kembali ke home away, bukan format tuan rumah seperti edisi sebelumnya. 

Dalam pengundian resmi, sepuluh tim peserta akan dibagi menjadi dua grup yang masing-masing terdiri dari lima tim. Masing-masing tim memainkan dua pertandingan kandang dan dua pertandingan tandang di babak penyisihan grup.

Dua tim teratas dari masing-masing grup akan melaju ke babak sistem gugur dengan partai semifinal dan final yang akan dimainkan dua leg.

Baca Juga: Jadwal Indonesia vs Myanmar di Piala AFF U16 Malam Ini, Garuda Asia Berjuang Masuk Final

"Pengumuman Undian Resmi hari ini menandai langkah maju yang signifikan dalam persiapan AFF Mitsubishi Electric Cup 2022. Kami percaya para penggemar dan tim nasional berbagi kegembiraan kami, dan pengundian akan dimulai. persiapan menuju pameran sepak bola terbesar di kawasan ini yang berlangsung pada akhir tahun," kata Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth dilansir dari laman resmi federasi sepak bola ASEAN itu.

Dari pihak sponsor, Malcolm Thorpe, Managing Director South East Asia di SPORTFIVE yakin gelaran Piala AFF 2022 ini akan kembali sukses. 

“Dengan sekitar empat bulan hingga AFF Mitsubishi Electric Cup 2022 dimulai pada bulan Desember, antisipasi akan tumbuh di antara para penggemar yang sangat ingin melihat tim favorit mereka kembali beraksi lagi," kata Malcolm.

"Kami dengan senang hati mengonfirmasi tanggal dan tempat Pengundian Resmi dan kami berharap dapat bekerja sama dengan AFF dan asosiasi anggotanya untuk menghadirkan edisi turnamen yang sukses lainnya," ucapnya. 

Drawing Piala AFF 2022 nantinya bisa disaksikan langsung di situs resmi AFF Mitsubishi Electric Cup 2022 dan platform media sosial, serta di berbagai saluran dan platform oleh mitra media resmi turamen tersebut. 

Baca Juga: Semifinal Piala AFF U16: Indonesia Diprediksi Kalahkan Myanmar dan Lolos ke Final, Ini Analisisnya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x