Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

10 Negara Penghasil Gandum Terbesar di Dunia, Indonesia Impor 5 di antaranya

Kompas.tv - 10 Agustus 2022, 17:43 WIB
10-negara-penghasil-gandum-terbesar-di-dunia-indonesia-impor-5-di-antaranya
Ilustrasi biji gandum. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan harga mie instan akan naik tiga kali lipat. Ia menyebut, perang Ukraina dan Rusia menyebabkan kenaikan harga lantaran gandum, yang menjadi bahan baku tepung, tertahan di dua negara tersebut.

"Kita dihadapkan Perang Ukraina-Rusia, di mana ada 180 juta ton gandum nggak bisa keluar, jadi hati-hati yang makan mi banyak dari gandum, besok harganya (naik) 3 kali lipat," kata Syahrul dilansir dari KOMPAS TV.

Negara Indonesia masih banyak mengimpor gandum dari luar negeri. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2020 Indonesia paling banyak mengimpor gandum dari Ukraina, seberat hampir 3.000 ton.

Akan tetapi, berdasarkan data dari World Economic Forum, Ukraina merupakan negara penghasil gandum ke-10 di dunia dalam dua dekade terakhir, yakni sejak 2000 hingga 2020

Berikut ini daftar sepuluh negara penghasil gandum terbesar di dunia sejak tahun 2000 hingga 2020.

1. Tiongkok

Negara terluas di Asia ini merupakan penghasil gandum terbesar di dunia dalam dua dekade terakhir. Tiongkok menghasilkan sekitar 2,4 miliar ton gandum dalan kurun waktu 20 tahun. Jumlah tersebut memenuhi 17 persen total produksi gandum dunia. 

Akan tetapi, sebagian besar hasil panen gandum di Tiongkok digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Negara tirai bambu itu juga merupakan konsumen gandum terbesar di dunia pada tahun 2020-2021, yakni sebesar 19 persen konsumen gandum global.

2. India

India menjadi negara penghasil gandum nomor dua di dunia karena berhasil memproduksi sekitar 1,8 miliar ton gandum dalam 20 tahun terakhir.

Hasil panen gandum di India itu memenuhi 12,5 persen dari total produksi gandum di seluruh dunia.

Seperti halnya Tiongkok, India juga banyak menggunakan gandum yang mereka panen untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, karena tingginya permintaan masyarakat di sana.

Baca Juga: Harga Mi Instan Bakal Naik, Ini Besaran Kebutuhan Impor Indonesia untuk Gandum

3. Rusia

Negara penghasil gandum terbesar ketiga di dunia adalah Rusia. Sejak tahun 2000 hingga 2020, Rusia telah memanen sekitar 1,2 miliar ton gandum. Artinya, panen gandum di Rusia merupakan 8,4 persen dari total produksi gandum global. 



Sumber : Kompas TV, weforum.org, BPS


BERITA LAINNYA



Close Ads x