Kompas TV nasional politik

Polri Belum Ungkap Motif Ferdy Sambo dalam Pembunuhan Brigadir J, Anggota DPR Minta Publik Bersabar

Kompas.tv - 10 Agustus 2022, 15:30 WIB
polri-belum-ungkap-motif-ferdy-sambo-dalam-pembunuhan-brigadir-j-anggota-dpr-minta-publik-bersabar
Kepala Divisi Propam Polri nonaktif Irjen Pol. Ferdy Sambo usai jalani pemeriksaan di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (4/8/2022). (Sumber: ANTARA/Laily Rahmawaty)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani meminta publik tak menciptakan opini liar seputar motif dugaan pembunuhan Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J yang diduga diskenariokan oleh Irjen Ferdy Sambo . 

Politikus PPP itu meminta kepada publik untuk bersabar dan menunggu hasil penyelidikan aparat kepolisian dalam mengungkap tabir misteri perkara tersebut. 

Baca Juga: Keluarga Menduga Brigadir J Tewas karena Berusaha Lindungi Istri Ferdy Sambo

Diketahui, Brigadir J tewas dibunuh di rumah dinas mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo yang berada di Komplek Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan.

"Jadi ya memang publik, kita semua harus bersabar kalau kita ingin tahu soal motif, karena tidak bisa itu disampaikan sekarang. Pertama memang belum bisa tergali secara utuh, yang kedua ya biasanya penegak hukum atau penegak hukum itu punya strategi penyidikan," kata Arsul di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (10/8/2022). 

Menurut dia, belum diungkapnya motif pembunuhan terhadap Brigadir J merupakan strategi penyidikan. 

"Kalau kita bicara mens rea atau motif itu memang membutuhkan waktu, itulah kenapa perlu ada kemudian proses pemeriksaan terhadap yang sudah ditetapkan menjadi tersangka dan juga terhadap para saksi-saksi itu," katanya. 

Ia menilai, Polri masih mengumpulkan berbagai keterangan dari saksi-saksi untuk mengungkap motif dibalik penembakan terhadap Brigadir J. Dia meyakini, cepat atau lambat Polri akan mengungkap motif tersebut ke publik.

"Biasanya motif itu baru disampaikkan oleh penegak hukum, penyidik ketika proses penyidikan sudah selesai, artinya proses pemberkasan BAP," ujar Arsul.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan alasan pihaknya belum mengungkap motif pembunuhan Brigadir J kepada publik.

Sebab, kata dia, tim penyidik Polri masih melakukan pendalaman terhadap sejumlah saksi, termasuk Putri Candrawathi yang merupakan istri Irjen Ferdy Sambo.

Baca Juga: Keluarga Menduga Brigadir J Tewas karena Berusaha Lindungi Istri Ferdy Sambo

“Terkait dengan motif saat ini sedang dilakukan pendalaman-pendalaman terhadap saksi-saksi dan juga terhadap Ibu Putri. Jadi, saat ini belum bisa kami simpulkan,” kata Sigit dalam konferensi persnya di Mabes Polri, Selasa (9/8/2022).
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x