Kompas TV regional berita daerah

Kampung Seni Palebon, Ajak Anak Lestarikan Seni Karawitan

Kompas.tv - 10 Agustus 2022, 13:01 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Untuk melestarikan budaya, anak- anak di Kampung Seni Palebon Kota Semarang, Jawa Tengah, dilibatkan dalam mempertahankan seni budaya agar tidak punah. Secara rutin anak- anak ini berlatih karawitan agar mahir memainkan Gamelan Jawa.

Anak-anak  duduk bersila di antara gamelan, mereka fokus menambuh gamelan di depannya. Ada yang memegang saron, demung, bonang, kenong, kendang hingga gong. Suara pukulan gamelan pun saling bersahutan. Anak-anak di Kampung Seni Palebon Kota Semarang ini rutin mengikuti pelatihan gamelan.

Anak-anak ini juga lihai saat berperan menjadi sinden. Lantunan tembang Jawa yang dibawakan mengiringi alat musik tradisional khas Jawa yang tengah dimainkan.

Penampilan anak- anak pada karawitan ini mendapat apresiasi dan dukungan dari anggota Dewan Komisi C DPRD Kota Semarang, Nunung Sriyanto. Diharapkan dengan melatih karawitan pada anak bisa mengenalkan kebudayaan sejak dini, dan memberi kegiatan positif lantaran saat ini anak usia sekolah banyak yang ketergantungan gadget.

"Kami sangat bangga dan kami apresiasi anak-anak mengadakan karawitan," ujar Nunung.

Selain melahirkan generasi cilik yang pandai memainkan gamelan, Kampung Seni Palebon Pedurungan Kota Semarang ini juga melahirkan dalang cilik yang sudah lihai memainkan cerita pewayangan.

#semarang #kampungseni #gamelanjawa

  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x