Kompas TV internasional kompas dunia

Ketua DPR AS Nancy Pelosi Sebut Tindakan Xi Jinping di Taiwan seperti Sok Jagoan yang Ketakutan

Kompas.tv - 10 Agustus 2022, 09:34 WIB
ketua-dpr-as-nancy-pelosi-sebut-tindakan-xi-jinping-di-taiwan-seperti-sok-jagoan-yang-ketakutan
Ketua DPR AS Nancy Pelosi bersama Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. Pelosi hari Selasa, (9/8/2022) mengatakan anggota Kongres AS tidak akan terintimidasi oleh reaksi China atas kunjungannya ke Taiwan dan menganggap Presiden China Xi Jinping bertindak seperti si sok jagoan yang ketakutan. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengatakan anggota Kongres tidak akan terintimidasi oleh reaksi China atas kunjungannya ke Taiwan dan menganggap Presiden China Xi Jinping bertindak "seperti si sok jagoan yang ketakutan".

"Hanya karena Xi memiliki rasa tidak amannya sendiri, tidak berarti saya akan membiarkannya mengatur jadwal saya untuk anggota Kongres," kata Pelosi hari Selasa (9/8/2022) di acara NBC's Today.

Dalam penampilan terpisah di program Morning Joe MSNBC, Pelosi mengatakan China tidak dapat mengontrol jadwal anggota Kongres, dan, "Kami tidak akan menjadi kaki tangan isolasi Taiwan".

Baca Juga: Setelah China Latihan Blokade dan Invasi, Taiwan Langsung Gelar Latihan Militer

Unit jet tempur dari Komando Palagan Timur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China ketika berpartisipasi dalam latihan militer gabungan di sekitar Taiwan, Minggu (7/8/2022). (Sumber: Gong Yulong/Xinhua via AP)

"Saya pikir dia berada di tempat yang rapuh," katanya, mengacu pada ekonomi China. "Dia bertingkah seperti si sok jagoan yang ketakutan."

Perhentian Pelosi di Taiwan minggu lalu saat melawat ke kawasan Asia-Pasifik mendapat tanggapan keras dari China, yang bereaksi dengan melakukan latihan militer.


 

Latihan itu dirancang untuk menunjukkan kemampuan China untuk mengepung Taiwan dan meluncurkan rudal yang kemungkinan melintas di atas Taipei dan ke perairan yang diklaim Jepang sebagai zona ekonomi eksklusif.

Pelosi mengatakan perjalanannya dimaksudkan untuk memperkuat fokus Presiden Joe Biden di wilayah tersebut, meskipun Gedung Putih berulang kali mengatakan keputusan untuk pergi adalah keputusan ketua DPR saja.



Sumber : Kompas TV/Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x