Kompas TV entertainment film

Cetak Sejarah Baru, "Top Gun Maverick" Geser "Titanic" Sebagai Film Terlaris Ketujuh di Box Office

Kompas.tv - 9 Agustus 2022, 14:00 WIB
cetak-sejarah-baru-top-gun-maverick-geser-titanic-sebagai-film-terlaris-ketujuh-di-box-office

Film Top Gun Maverick geser capaian box office Titanic di Amerika. (Sumber: Kompasiana)

Penulis : Dian Septina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Film "Top Gun: Maverick" yang dibintangi sekaligus diproduseri Tom Cruise berhasil menggeser "Titanic" sebagai film terlaris urutan 7 di box office domestik.

Dilansir dari Variety, "Top Gun: Maverick" juga menghasilkan 662 juta dolar AS atau setara dengan Rp 9,83 triliun dalam penjualan tiket.

Untuk Paramount Pictures, "Top Gun: Maverick" juga telah melampaui "Titanic" sebagai film studio terbesar dalam 110 tahun sejarah.

Secara mengesankan, film ini telah menjual jumlah tiket yang sama di luar negeri seperti di dalam negeri, dengan penghitungan internasional film tersebut mencapai 690 juta dolar AS atau setara dengan Rp 10,24 triliun.

Baca Juga: Sri Mulyani Kenang Nonton 2 Film Top Gun Tahun 1986 dan 2022 Bareng Tonny Sumartono, So Sweet!

Tanpa bermain di China atau Rusia, film blockbuster lanjutan dari tahun 1986 itu telah meraup 1,3 miliar dolar As atau setara dengan Rp 19,30 triliun hingga saat ini.

Kini, Top Gun hampir mencapai menyamai capaian film "Marvel, Avengers: Infinity War", yang saat ini berada di urutan keenam dengan penghasilan 678 juta dolar AS atau setara dengan Rp 10 triliun.

Sementara, daftar lima rilis domestik teratas terdiri dari Black Panther, Avatar, Spider-Man: No Way Home, Avengers: Endgame, dan Star Wars: The Force Awakens.

Sebagai informasi, film ini juga merupakan film pertama Tom Cruise yang berhasil menembus 1 miliar dollar AS di box office global. Sebelumnya, film terlaris Tom Cruise adalah "Mission: Impossible-Fallout" (2018) sebesar 791,1 juta dollar AS.

Baca Juga: Sinopsis Top Gun Maverick, Kembalinya Sosok Pilot Veteran Kapten Mitchell, Tayang di Bioskop 27 Mei

Top Gun menjadi sekuel pertama yang hadir 36 tahun setelah penayangan versi orisinal Top Gun (1986).

Film yang disutradarai Joseph Kosinski dan dibintangi oleh Tom Cruise dan Val Kilmer ini kembali memainkan karakter mereka Maverick dan Iceman dari film orisinal 1986.

Ada pula beberapa karakter baru yang diperankan oleh Miles Teller, Glen Powell, Jon Hamm, dan Jennifer Connelly.

Top Gun: Maverick menjadi film kedua di era pandemi yang mencapai angka satu miliar dolar setelah Spider-Man: No Way Home (2021) yang mengantongi 1,9 miliar dollar AS.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x