Kompas TV kuliner cerita rasa

The Popo dan Eksperimen ala Warpopski

Kompas.tv - 9 Agustus 2022, 12:52 WIB
the-popo-dan-eksperimen-ala-warpopski
Sosok Popo Warpopski (Sumber: Siniar Beginu)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Desy Afrianti

Siapa yang tak mengenal warteg? Kehadirannya yang mudah dijumpai di tiap daerah membuat warung makan khas Tegal menjadi pilihan tempat makan yang terkenal murah dan memiliki ragam varian menu, sehingga siapa saja bisa menikmatinya.

Kini, terdapat puluhan ribu bahkan ratusan ribu warteg yang siap melayani perut warga. Tak hanya digemari oleh rakyat kecil, nyatanya warteg bisa dinikmati oleh lidah semua kalangan. Beragam menu disajikan dalam etalase kaca, dengan begitu pembeli bebas memilih makanan yang diinginkan. 

Konsep warteg juga diadaptasi oleh Ryan Riyadi atau Popo, bersama teman-temannya. Mereka mendirikan warteg kekinian bernama Warpopski. Kisahnya bereksplorasi menemukan cita rasa makanan yang pas, bisa kamu dengarkan lewat siniar Beginu bersama Wisnu Nugroho episode “Bumbu Unik dari Main-main ala Warpopski

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Bermental Rich dan Crazy Rich!

Menjadikan Bisnis sebagai Playground

Popo menjadikan Warpopski sebagai taman bermainnya untuk selalu belajar menemukan cita rasa yang pas untuk dihidangkan. Bumbu rahasia yang digunakan, berasal dari usahanya yang tak lelah mengulik resep. 

“Kalo warpopski lagi sepi pengunjung, itu tandanya gue harus lebih eksplorasi lagi. Apa sih yang kurang dari makanan ini? Jalanin bisnis ini ya dibawa happy aja,” ujarnya.

Dirinya juga mengatakan, hal yang paling penting dari sebuah usaha makanan adalah menjaga suasana hati dari si juru masak. Banyak orang yang lupa memasukkan emosi positif sebagai bahan yang penting dalam makanan. 

“Istilah beda orang beda rasa, itu bener banget. Gue udah ngebuktiin sendiri di Warpopski, perasaan senang yang membuat makanan kita makin lezat,” ujar Popo.

Bumbu Rahasia Warpopski

Layaknya restoran atau usaha makanan pada umumnya, Warpopski juga punya bumbu signature yang menjadi andalan dalam tiap masakan. Ngohiong atau yang biasa dikenal five star spicy adalah sebutan untuk 5 rempah utama pada masakan China.

Bumbu ngohiong terbuat dari perpaduan cengkeh, adas, merica, pekak, dan kayu manis yang ditumbuk jadi satu. Cita rasa yang dihasilkan adalah rasa manis, asam, pedas, pahit, dan asin. Bumbu ngohiong memang populer digunakan dalam masakan Asia. 

Ngohiong juga dapat kamu buat sendiri di rumah. Caranya, siapkan beberapa bahan rempah seperti kayu manis, sichuan, lada batak, adas manis, bunga lawang, dan cengkeh. Bahan-bahan tersebut kemudian disangrai sebentar lalu dihaluskan, dengan menggunakan blender atau grinder kopi hingga bentuknya menjadi bubuk. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x