Kompas TV regional gaya hidup

Kupas Tuntas Persiapan Dunia Kerja di Podcast Obsesif

Kompas.tv - 9 Agustus 2022, 11:41 WIB
kupas-tuntas-persiapan-dunia-kerja-di-podcast-obsesif
Cara meningkatkan karier dan self-development (Sumber: -)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV- 22 Juli 2022 - Perkembangan teknologi yang kian pesat melahirkan berbagai akses informasi terwujud dalam berbagai bentuk. Sarana informasi ini salah satunya adalah siniar atau yang lebih sering dikenal sebagai podcast, sebagai media informasi berbentuk audio, yang dapat diakses dengan mudah di mana pun dan kapan pun pada platform mainstream seperti Spotify dan Youtube.

Medio Podcast Network, bagian produksi siniar dari jaringan KG Media, merupakan salah satu jaringan podcast di Indonesia yang aktif mengembangkan konten-konten podcast  sejak Juni 2021. Dengan slogan “Siniar Cerdas Tanpa Batas”, Medio Podcast Network, melalui 13 podcast yang dikelolanya, terus berupaya agar konten-konten yang dihasilkan bukan hanya informatif, tapi juga menghibur. 

Siniar Obsesif yang sudah berjalan sejak Juli 2018 dengan beragam topik, akan mengerucut membahas perihal pengembangan diri, soft skills, dan juga persiapan karier terutama untuk para lulusan baru. Obsesif, sesuai kepanjangannya “Obrolan Seru: Soft-skills for Fresh Grads” akan membahas topik mengenai  pemahaman kontrak kerja, keterampilan managing-up, keterampilan komunikasi, kerja tim, manajemen diri, sampai mengatasi konflik di dunia kerja, yang akan berguna di dunia kerja profesional.

Baca Juga: 5 Fakta Perjuangan Karier dari Bagus Kahfi

Topik ini diangkat berdasarkan fenomena yang terlihat di berbagai sosial media mengenai adanya kesulitan para lulusan baru atau para pencari kerja untuk menyesuaikan dan memantaskan diri sebelum terjun ke dunia kerja. Padahal kontestasi dalam hal mendapatkan pekerjaan saat ini masih sangat tinggi, mengingat banyaknya lulusan baru yang terus bertambah tiap tahunnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan angkatan kerja pada Februari 2022 adalah 144,01 juta orang, naik 4,20 juta orang dibandingkan Februari 2021. Dari jumlah tersebut, 8,40 juta orang masih menganggur. Jumlah ini sudah turun 0,35 juta orang dibandingkan Februari 2021, namun angka tersebut masih sangat tinggi jika melihat pada angka sebelum pandemi.

Oleh karena itu, wawasan mengenai pengembangan diri atau self development diperlukan untuk mengembangkan kesadaran diri (self awareness) untuk mengakselerasi kehidupan karier individu. 

“Kami melihat adanya kesenjangan pengetahuan antara apa yang diajarkan pada pendidikan formal dan apa yang sesungguhnya dibutuhkan di dunia kerja, ada begitu banyak pemahaman soft-skills yang jarang dibahas dalam lingkup edukasi formal, nah kami memang mencoba berkontribusi di area tersebut melalui Podcast Obsesif ini,” ujar Sulyana Andikko, Executive Producer Obsesif dan selaku Project Manager Medio by KG Media, menambahkan.

Baca Juga: Cara Cepat Naik Gaji, Dari Promosi Sampai Kompetensi

Siniar Obsesif di musim terbaru dan selanjutnya ini diharapkan dapat memfasilitasi audiens, baik untuk para lulusan baru atau para pencari kerja dalam hal persiapan karier dan pengembangan diri. Konten-konten pada musim ini dibuat dengan menghadirkan sudut pandang para ahli maupun praktisi dan pemengaruh mengenai apa yang perlu dilakukan untuk upskilling  diri dalam lingkup pekerjaan.

Konten juga dipaparkan dengan balutan audio yang santai tetapi tetap substantif. Brigitta Valencia Bellion, selaku Producer Medio Podcast Network memberikan tanggapannya. “Kami akan terus berkolaborasi dengan banyak pihak, terutama tokoh yang bergerak di bidang pengembangan diri dan karier untuk terus menyuguhkan episode yang bermanfaat bagi Teman Obsesif sebagai persiapan di dunia kerja.”



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x