Kompas TV feature news or hoax

Hoax Amerika Serikat Dan Negara-Negara Eropa Sengaja Menyebarkan Cacar Monyet Ke Asia - NEW OR HOAX

Kompas.tv - 9 Agustus 2022, 14:00 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beberapa waktu lalu, ramai informasi yang mengklaim Amerika Serikat dan Negara-Negara Barat sengaja menyebarkan Cacar Monyet ke Asia. Menurut informasi tersebut, AS dan Negara-Negara Barat menggunakan burung untuk menyebarkan Cacar Monyet.

Penelusuran Keyword Bird Spread Monkeypox menemukan, narasi Amerika Serikat dan negara-negara barat menyebarkan cacar monyet ke Asia menggunakan burung diulas oleh laman Techarp. menurut Techarp narasi tersebut disebarkan di media sosial oleh Chinese 50 Cent Army dan kelompok warganet Pro Partai Komunis Tiongkok.

Techarp menyatakan sejauh ini tidak menemukan infeksi virus Monkeypox atau virus Orthopox lain pada burung jadi tidak masuk akal jika orang yang mengklaim burung digunakan sebagai vektor penyebarab virus Monyet, virus Monkeypox atau cacar monyet kebanyakan menginfeksi mamalia seperti Kera, Monyet, Tupai, Trenggiling, Landak, Anjing dan Manusia.

Menurut WHO virus cacar monyet adalah Orthopox-virus yang menyebabkan penyakit dengan gejala yang mirip tetapi tidak separah cacar. Meski cacar telah diberantas pada tahun 1980 cacar monyet masih ditemukan di negara-negara Afrika Tengah dan Barat.

Jadi, informasi yang mengklaim Amerika Serikat dan negara-negara barat sengaja menyebarkan cacar monyet ke Asia adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x