Kompas TV olahraga kompas sport

Pebasket Usia Muda Indonesia Berburu Poin Rangking FIBA di 3X3 Tournament 2022

Kompas.tv - 9 Agustus 2022, 03:05 WIB
pebasket-usia-muda-indonesia-berburu-poin-rangking-fiba-di-3x3-tournament-2022
Para pebasket usia muda berhadapan dalam gelaran Livin By Mandiri Indonesia 3X3 Tournament 2022 Seri Jabodetabek, Maret 2022 lalu. Turnamen basket 3X3 ini terverifikasi FIBA serta PP Perbasi. (Sumber: Dokumentasi panitia)
Penulis : Gading Persada | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Kesempatan para pebasket usia muda Indonesia untuk berburu poin rangking FIBA masih terbuka lebar seiring dengan kembali bergulirnya Livin By Mandiri Indonesia 3X3 Tournament 2022 seri Jateng-DIY, 14-21 Agustus 2022 di Kota Semarang dan Yogyakarta.

Seri Jateng-DIY pada kejuaraan basket 3X3 ini merupakan seri kelanjutan dari dua seri sebelumnya yang sudah berlangsung yakni Seri Jabodetabek (Maret) dan Jawa Barat (Juni).

Selanjutnya untuk juara 1 dan 2 dari setiap provinsi akan otomatis lolos ke Babak Grand Final yang akan digelar Desember 2022.

"Total tahun ini ada empat seri dan semuanya masih di Pulau Jawa. Seri terakhir nanti akan berlangsung di Jawa Timur sekitar bulan depan," kata Direktur PT SSS, Azwan Karim selaku penyelenggara turnamen saat jumpa pers, Senin (8/8/2022).

Baca Juga: Sejarah Baru Bola Basket Indonesia, Pertempuran Seru “2x2 Battle” Berhadiah Ratusan Juta!

Menurut Azwan, tujuan utama dari kompetisi ini adalah youth-development programme, yaitu mencari bibit-bibit muda pemain bola basket 3X3, yang diharapkan kelak menjadi atlet nasional dan memajukan cabor bola basket 3X3 di Indonesia. 

Seluruh peserta kegiatan ini akan terdaftar di FIBA 3x3 play, dan akan memperoleh poin ranking sesuai dengan prestasi yang dicapai dalam turnamen ini. 

"Maka dari itu bagi tim peserta yang sudah ikut dua seri sebelumnya, masih diberi kesempatan ikut di seri tersisa ini untuk mengejar poin rangking FIBA mereka. Tim yang boleh ikut pada seri tersisa adalah bukan tim juara di dua seri sebelumnya," tutur dia.

Azwan menjelaskan, rangkaian pertandingan dalam kegiatan ini adalah kompetisi bola basket 3X3 tingkat KU-18 dan KU-23 putra/putri yang akan terdaftar dalam agenda tahunan PP Perbasi.


Dalam dua seri sebelumnya, kompetisi ini melibatkan lebih dari 1.200 atlet-atlet bola basket 3X3 dari berbagai wilayah di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa.

Adapun untuk Seri Jateng-DIY ini, babak penyisihan kota (City Selection) akan digelar di GOR Satria Semarang pada 14 Agustus dan dilanjutkan pada 17 Agustus di Planet Futsal Jogja. 

Usai pelaksanaan babak penyisihan di dua kota tersebut, kompetisi ini akan berlanjut ke tahap Final Provinsi (Province Finals), yang akan diselenggarakan di Atrium Sleman City Hall pada tanggal 20-21 Agustus mendatang.

Baca Juga: ASEAN Para Games 2022: Tim Basket 3x3 Indonesia Sabet Medali Perunggu

"Yogyakarta terkenal sebagai kota pelajar dan banyak SMA serta perguruan tinggi yang pasti berkesempatan besar mengirimkan wakilnya untuk ikut," jelas dia.

Sementara itu Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih menambahkan, pihaknya mendukung penuh 3X3 Tournament 2022. 

"Tentunya kami gembira dengan digelarnya kompetisi-kompetisi level remaja putra/putri ini. Semoga ke depannya akan lebih banyak lagi kompetisi seperti ini dan dapat mendukung perkembangan komunitas bola basket 3X3 di Tanah Air," tandas mantan pelatih klub Satya Wacana Salatiga itu.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x