Kompas TV nasional viral

Hari Kucing Sedunia, Sejak Kapan Kucing Jadi Peliharaan Manusia?

Senin, 8 Agustus 2022 | 21:50 WIB
hari-kucing-sedunia-sejak-kapan-kucing-jadi-peliharaan-manusia
Ilustrasi anak kucing. (Sumber: UNSPLASH/MANUEL RHEINSCHMIDT Via KOMPAS.COM)

Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tanggal 8 Agustus setiap tahun diperingati sebagai Hari Kucing Sedunia atau International Cat Day. Kucing sudah pasti tidak asing Anda jumpai di sekitar tempat tinggal Anda.

Banyak orang yang memelihara hewan ini untuk menghibur diri atau sebagai teman di rumah. Bahkan sejumlah artis mancanegara, misalnya Taylor Swift atau Lisa Blackpink, suka membagikan foto kucing peliharaan mereka di media sosial.

Sebagai hewan yang terkenal pemalas dan menggemaskan, siapa sangka kucing yang banyak dipelihara manusia saat ini dahulu merupakan hewan liar yang hidup di alam bebas.

Melansir dari Kompas.com, penelusuran masa lalu kucing telah membawa para peneliti ke perjalanan para pedagang dan kaum Viking. Pada masa itu diteliti soal awal mula hubungan kucing yang masih tergolong hewan liar dengan para petani.

Baca Juga: Ada Lho Hari Kucing Sedunia, Simak Sejarah, Twibbon dan Cara Merayakannya di Berbagai Negara

Peneliti sejarah kucing dari Institute Jacques Monod Paris, Eva Maria Geigl, mengungkapkan hasil penelitian terkait penyebaran kucing berdasarkan sejarah.

Eva bersama dengan timnya meneliti DNA mitokondria dari 209 kucing rumahan atau kucing domestik yang ditemukan di dalam 30 situs arkeologi Timur Tengah, Afrika, dan Eropa.

Awalnya untuk membasmi tikus di ladang dan kapal.

Penelitian Eva menemukan bahwa keberadaan kucing dalam sejarah kehidupan manusia melalui jalur pertanian sudah ada sejak abad ke-18. Ia juga mengatakan, penyebaran kucing terjadi dalam dua ledakan besar. 

Pertama, ketika lahan pertanian pertama kali muncul di daerah timur Mediterania dan Turki. Di situlah nenek moyang kucing domestik pertama kali ditemukan. Pada masa itu, kucing mulai diundang masuk ke area pemukiman warga untuk membantu petani mengusir tikus yang merusak biji-bijian.

Kedua, kucing menjadi hewan domestik pada sekitar abad keempat sebelum masehi dan abad keempat masehi. Para peneliti menemukan jejak kucing yang memiliki keturunan mitokondria dari Mesir muncul di sekitar Bulgaria, Turki, dan sub-sahara Afrika.

Baca Juga: Begini Cara yang Benar Memberi Makan Kucing Liar


Sumber : Kompas TV/Kompas.com

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x