Kompas TV regional berita daerah

Peringati 10 Muharram, Warga Dembe 1 Gelar Festival Kue Apangi

Kompas.tv - 8 Agustus 2022, 18:45 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

KOTA GORONTALO, KOMPAS TV - Memperingati hari Asyura atau hari kesepuluh dibulan Muharram, warga Kelurahan Dembe Satu Kota Gorontalo menggelar festival kue apangi pada minggu malam.

Pada Festival Ini Pengunjung Bisa Menikmati Kue Apangi Secara Gratis Yang Disediakan Di Setiap Rumah Warga.

Warga yang datang bukan hanya saja dari kelurahan atau kabupaten tetangga, namun warga dari provinsi Sulawesi utara hingga turis manca Negara.

Tingginya antusiasme warga merayakan festival kue apangi membuat jalan menuju Kelurahan Dembe Satu macet dengan kendaraan roda dua dan roda empat hingga berjam-jam.

festival kue apangi yang digelar di setiap sepuluh muharram sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemi.

Dalam festival ini hampir semua warga di Kelurahan Dembe Satu menyediakan kue apangi yang disajikan para tamu yang dating.

Salah Satu tokoh masyarakat Kelurahan Dembe 1 kadar abubakar mengungkapkan,Festival kue apangi ini dilakukan untuk melestarikan kue apangi, pasalnya kue apangi menjadi panganan saat doa Sepuluh Muharram.

Kadar Menambahkan, bahwa kegiatan ini merupakan swadaya murni dari masyarakat kelurahan dembe 1

sementara itu para pengunjung  yang datang di festival ini mengaku tak hanya bisa menikmati kue apangi secara gratis, namun festival ini juga menjadi ajang silaturahim antar sesama, ungkap yunus mantali salah satu pengunjung dari Kecamatan Batudaa.

Selain bisa dinikmati di tempat, kue apangi berbahan dasar terigu, tepung beras dan gula merah ini, juga bisa dibawa ke rumah untuk dinikmati bersama keluarga.

 

#10muharam

#festivalapangi

#kelurahandembe1



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x