Kompas TV regional berita daerah

Mobil Kas Keliling Hadir Lagi, Pedagang Pasar Antusias Tukarkan Uang Pecahan

Kompas.tv - 8 Agustus 2022, 18:34 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Tingginya kebutuhan uang pecahan kecil dan layak edar di masyarakat membuat Bank Indonesia Perwakilan Malang memberikan pelayanan penukaran uang dengan mobil kas keliling. 

Kali ini Pasar Oro-Oro oro Dowo menjadi sasaran Bank Indonesia untuk penukaran uang. Sejak dibuka Senin (08/08/2022) sekitar jam 10.00, para pedagang pasar  ini terlihat antre untuk bisa menukar uang mereka. Para pedagang memanfaatkan mobil kas keliling yang kembali beroperasi setelah cukup lama terhenti.

Uang pecahan kecil seperti Rp 1.000 hingga Rp 10 ribu menjadi pilihan para pedagang untuk ditukar. Pedagang beralasan, selama ini mereka cukup kesulitan untuk mendapatkan uang pecahan kecil. Kebanyakan dari mereka biasanya menukar uang kepada tukang parkir atau datang langsung ke bank.

Karena itulah dengan adanya mobil kas keliling ini sangat membantu pedagang dalam mendapatkan uang pecahan kecil. Rencananya uang pecahan kecil hasil penukaran di Bank Indonesia ini akan mereka gunakan sebagai uang kembalian saat transaksi jual beli di pasar.

"Tukar uang kecil buat kembalian, biasanya tukar di Bank lain karena disini tidak pasti," ucap Lisa, salah satu pedagang di Pasar Oro-Oro Dowo.

Rencananya, mobil kas keliling ini akan beroperasi secara rutin setiap bulannya, dengan lokasi yang berbeda.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x