Kompas TV nasional hukum

Bareskrim Polri Diminta Jaga Keselamatan Bharada E sebelum Dapat Perlindungan LPSK

Kompas.tv - 8 Agustus 2022, 19:09 WIB
bareskrim-polri-diminta-jaga-keselamatan-bharada-e-sebelum-dapat-perlindungan-lpsk
Bhayangkara Dua Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E (kiri) berjalan memasuki ruangan saat tiba di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Selasa, 26 Juli 2022. LPSK, Senin (8/8/2022), meminta Bareskrim Polri untuk menjaga keselamatan Bharada E sebelum pihaknya memberikan perlindungan. (Sumber: Antara)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) berpesan kepada Bareskrim Polri untuk menjaga keselamatan Bharada E alias Richard Eliezer Pudihang Lumiu, sebelum LPSK memberikan perlindungan.

Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo menjelaskan, pihaknya sudah mengantisipasi adanya hubungan relasi kuasa pada kasus kematian Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat yang melibatkan Bharada E sebagai tersangka.

“Kami juga sudah mengantisipasi, memprediksi, bahwa dalam kassus ini ada situasi di mana ada hubungan relasi kuasa di antara para pelaku ini,” jelasnya dalam dialog Kompas Petang KOMPAS TV, Senin (8/8/2022).

Baca Juga: Mahfud MD Sebut Sudah Ada 3 Tersangka di Tewasnya Brigadir J, Siapa Lagi?

Menurutnya, hal itu berpengaruh terhadap keselamatan tersangka yang bersedia menjadi justice collaborator ini.

“Jadi kami, sebelum LPSK memberi perlindungan, karena yang bersangkutan sudah ada di Bareskrim sebagai tahanan, kami memesankan pada Bareskrim untuk bisa menjaga keselamatan yang bersangkutan ini.”

“Karena sering kali terjadi ada tahanan yang kemudian meninggal, entah karena bunuh diri, entah karena apa, gitu ya. Mudah-mudahan ini tidak terjadi,” harap Hasto.

Dalam dialog tersebut, Hasto juga mengatakan pihaknya belum bertemu lagi dengan Bharada E, tetapi sudah bertemu dengan kuasa hukumnya yang baru.

Pertemuan itu, kata dia, pada intinya adalah mengajukan permohonan perlindungan untuk Bharada E.

“Pengacaranya mengatakan Eliezer bersedia menjadi justice collaborator.”

Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo berpesan kepada Bareskrim Polri untuk menjaga keselamatan Bharada E alias Richard Eliezer, sebelum LPSK memberikan perlindungan. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)


Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.