Kompas TV regional berita daerah

Seminar Maspro, BUMN Dorong Lampung Jadi Lumbung Pangan

Kompas.tv - 8 Agustus 2022, 14:02 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

KOMPAS.TV, LAMPUNG – Pada Jumat (5/8/2022) siang lalu, Provinsi Lampung menjadi tuan rumah dalam Seminar Jilid Empat Masyarakat Profesional (Mas Pro) Sumatera Bagian Selatan.

Kegiatan yang bertajuk ‘Komitmen Dulur Kito dalam Mendukung Ketahanan Pangan Melalui Optimalisasi Keberadaan Ekosistem BUMN Bersinergi dengan Program Kartu Petani Berjaya’ ini juga turut dihadiri langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Pada kesempatan tersebut, Erick mengatakan bahwa Provinsi Lampung memiliki produk komoditi unggulan, yakni padi, jagung, dan tebu yang mengalami peningakatan produktivitas hingga mampu mentsabilkan harga pangan nasional di tengah kenaikan yang signifikan.

Baca Juga: Pembentukan Prodi Energi Baru Terbarukan di ITERA

“Kami BUMN coba mendorong 3 program. Satu sama dengan Pak Gub (Arinal Djunaidi). Bagaimana kita bisa membangun ekosistem dari pertanian,” ujar Erick.

Selain menteri BUMN, kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, serta  sejumlah kepala daerah kabupaten/kota se-Provinsi Lampung dan jajaran direktur utama dari anak perusahaan BUMN.

Arinal mengatakan bahwa peningkatan produktivitas pertanian ini merupakan komitmen program pemerintah dalam Program Kartu Petani Berjaya.

Terkait adanya kendala akses internet pada sekitar 240 desa, Arinal meminta PT Telkom bisa segera menyalurkan jaringan internet ke lokasi tersebut.

Hal itu diharapkan agar para petani dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi produk pertanian hingga pemasarannya melalui Kartu Petani Berjaya.

Baca Juga: Korupsi Dana BOKB, Kadis Perikanan Tanggamus Ditahan

“Dari 2.435 desa, itu sekitar 200 desa yang masih belum berfungsi (internet) karena blank spot. Mohon bantuannya dari Telkom... ” jelasnya.

Selain itu, Menteri BUMN Erick Thohir juga mendorong pengembangan potensi wisata Krakatau Park dan kesehatan, yang nantinya akan di bangun rumah sakit otak dan jantung di Lampung.

#menteribumn #seminarnasional #kartupetaniberjaya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x