Kompas TV regional gaya hidup

Cara Mengajarkan Anak tentang Kebersihan

Kompas.tv - 8 Agustus 2022, 12:37 WIB
cara-mengajarkan-anak-tentang-kebersihan
Ilustrasi anak mencuci tangan (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

 

Kebersihan merupakan salah satu cara agar hidup kita tetap sehat. Maka dari itu, diperlukan pembelajaran sejak dini agar anak memahami seberapa pentingnya menjaga kebersihan.

Bahkan seorang psikolog, Dr. Tamar Chansky dalam studi yang dipublikasikan University of Minnesota mengatakan bahwa anak kecil yang telah diajarkan kebersihan sejak dini akan memiliki sifat disiplin.

Studi tersebut juga membuktikan bahwa menjaga kebersihan dapat meningkatkan hubungan antara orangtua dan anak. Hal ini juga bisa membawa mereka pada kesuksesan karier di masa depan karena hidup yang tertata.

Selain itu, menjaga kebersihan juga bisa menjauhkan anak dari beragam penyakit. Hal ini tidak dilakukan oleh Rudi, tokoh dalam siniar Dongeng Pilihan Orangtua bertajuk "Dongeng Rudi yang Jorok". Ia nekat bermain lumpur sembari makan. 

Akhirnya, ia pun mengalami kejadian yang kurang menyenangkan. Maka dari itu, orangtua harus bisa mengajarkan anak tentang pentingnya kebersihan. Melansir nbc news, berikut beberapa cara mudah yang bisa dilakukan.

Baca Juga: Peringati Hari Anak Nasional, Pakar Beri Cara Mengasuh Anak Menuju Generasi Emas Indonesia 2045

Ajak Mereka untuk Membantu

Mengajarkan kebersihan pada anak bisa dimulai dari ajakan untuk membantu. Misalnya, saat kita sedang membereskan kamar anak, turut sertakan mereka ketika melakukannya.

Mulai dari membersihkan mainan, tempat tidur, hingga meja belajarnya. Meskipun mungkin kerapiannya belum maksimal, tapi hal ini bisa meningkatkan kesadaran mereka.

Jangan Gunakan sebagai Hukuman

Ada beberapa orangtua yang justru menghukum anak untuk membersihkan rumah. Metode ini rupanya tak begitu baik untuk beberapa anak.

Mereka justru akan menganggap kalau membersihkan rumah adalah sesuatu yang menjengkelkan. Selain itu, anak juga jadi rentan menggerutu saat mengerjakannya. Alhasil, mereka tak akan menangkap poin utama dari pentingnya menjaga kebersihan.

Jelaskan Alasan Pentingnya Jaga Kebersihan

Selain praktik, komunikasi dengan anak perihal alasan pentingnya menjaga kebersihan juga diperlukan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x