Kompas TV regional berita daerah

Bertahap, Nakes Terima Vaksin Booster Kedua

Kompas.tv - 8 Agustus 2022, 11:49 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Menindaklanjuti surat edaran dari Kementerian Kesehatan tentang vaksinasi  booster kedua bagi sumber daya manusia kesehatan, sejumlah rumah sakit dan pelayanan kesehatan di Provinsi Jawa Tengah, mulai melaksanakan vaksinasi bagi seluruh pegawainya.

Salah satunya Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Dokter Amino Gondohutomo Kota Semarang, Jawa Tengah, yang menggelar vaksinasi booster kedua secara bertahap. Sebanyak 561 pegawai RSJD Dokter Amino Gondohutomo Kota Semarang mulai mendapatkan vaksin booster kedua jenis moderna secara bertahap, yang dimulai Jumat (5/8/2022) hingga Senin (8/8/2022).

Dengan adanya vaksinasi booster kedua, diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan keyakinan bagi masyarakat yang menggunakan layanan rumah sakit, selain itu memberikan perlindungan kepada nakes dan pegawai rumah sakit lainnya karena memiliki resiko tinggi terpapar Covid-19.

"611 SDM kita, ternyata ada 561 yang sudah memenuhi syarat untuk booster kedua. Tanggal 5 Agustus 2022 serentak Rumah Sakit Jiwa Amino, seluruh rumah sakit lain dan layanan kesehatan lain melakukan vaksinasi booster yang kedua," kata Alek Jusran, Direktur RSJD dr. Amino Gondohutomo.

Rian, pegawai RSJD dr. Amino Gondohutomo yang  telah empat kali mendapatkan vaksinasi mengaku, tidak khawatir terhadap suntikan vaksin booster tahap kedua.

Vaksinasi booster kedua sementara ini diberikan untuk tenaga kesehatan. Imunitas dari vaksin ketiga atau booster pertama telah menurun dalam kurun waktu enam bulan sejak disuntikkan, padahal virus Covid-19 terus bermutasi, sehingga dibutuhkan daya tahan tubuh lebih dalam menghadapi guna mengurangi efek dari paparan Covid-19 varian baru.

Untuk booster kedua syarat dan pelaksanaan vaksinasi sama dengan vaksin sebelumnya, jenis vaksin yang digunakan juga beragam seperti astra zeneca, pfizer, moderna, sinopharm dan sinovac.

#nakes #vaksinbooster #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x