Kompas TV entertainment film

5 Fakta Observatorium Bosscha, Lokasi yang Muncul di Film Pengabdi Setan 2 dan Petualangan Sherina

Senin, 8 Agustus 2022 | 10:36 WIB
5-fakta-observatorium-bosscha-lokasi-yang-muncul-di-film-pengabdi-setan-2-dan-petualangan-sherina
Observatorium Bosscha yang jadi sorotan karena menjadi lokasi di film Pengabdi Setan 2 dan Petualangan Sherina. (Sumber: itb.ac.id)

Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Observatorium Bosscha tengah menjadi perbincangan netizen karena menjadi salah satu lokasi dalam dua cerita film populer "Petualangan Sherina" dan "Pengabdi Setan 2".

Melalui Twitter, netizen melontarkan pendapat satu sama lain setelah Observatorium Bosscha dijadikan setting tempat oleh dua film dengan genre berbeda.

Dalam film, "Petualangan Sherina", Observatorium Bosscha diceritakan sebagai tempat persembunyian Sherina dan Sadam yang kabur dari kejaran penjahat. 

Sementara itu, di "Pengabdi Setan 2" Observatorium Bosscha diceritakan sebagai tempat di mana seorang jurnalis bernama Budiman menemukan sejumlah mayat korban penembakan misterius.

Baca Juga: "Pengabdi Setan 2" Raih 2 Juta Penonton dalam 4 Hari, Kalahkan Rekor "KKN di Desa Penari"?

"Tempat ini indah romantis karena petualangan sherina. Sekarang jd angker gara2 pengabdi setan 2," kata seorang netizen.

"Padahal observatorium Bosscha sudah ter-romantisasi di kepalaku dari kecil karena Petualangan Sherina, eh skrg malah keingetnya horror guys, ada yg sama??" tulis netizen lain.

Lantas, bagaimana sebenarnya lokasi Observatorium Bosscha? Berikut fakta-faktanya yang dirangkum dari berbagai sumber, Senin (8/8/2022).

1. Lokasi Observatorium Bosscha

Tempat bersejarah ini berlokasi di Jl. Peneropongan Bintang No.45, Lembang, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 

Bosscha adalah observatorium astronomi modern pertama di Asia Tenggara. 

Observatorium ini diresmikan pada tanggal 1 Januari 1923 atas prakarsa K. A. R. Bosscha bersama Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging.

Baca Juga: Film Petualangan Sherina 2 Tayang 2023, Mira Lesmana: Antara Mei dan Juni

Observatorium Bosscha menjadi bagian dari Institut Teknologi Bandung sejak 1951.

2. Arsitektur gedung

Gedung Bosscha berbentuk silinder baratap kubah, menghadap ke timur dan terdiri atas dua bagian bangunan, yakni bagian entrance serta ruang tempat teropong. 

Halaman Selanjutnya


Sumber : Kompas.com, itb.ac.id

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x