Kompas TV regional peristiwa

BMKG Minta Warga Pesisir Utara Jakarta Waspada Banjir Rob hingga 13 Agustus

Kompas.tv - 8 Agustus 2022, 10:17 WIB
bmkg-minta-warga-pesisir-utara-jakarta-waspada-banjir-rob-hingga-13-agustus
Ilustrasi. Potensi banjir rob di pesisir utara Jakarta hingga 13 Agustus 2022. (Sumber: KompasTV/Ant)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas 1 Maritim Tanjung Priok memberi peringatan dini banjir pesisir (Rob) di wilayah pesisir utara Jakarta.

Peringatan dini banjir rob tersebut berlaku selama seminggu sejak 7 Agustus 2022 hingga Sabtu, 13 Agustus 2022 dari pukul 18.00-23.00 WIB.

BMKG mengimbau warga untuk waspada terhadap dampak dari banjir rob. Terutama di lima wilayah, meliputi Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, Marunda, dan Kabupaten Kepulauan Seribu.


 

"Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut, serta memperhatikan update informasi cuaca maritim BMKG," tulis BMKG dalam akun Instagram resmi @bmkgpriok, dikutip KOMPAS.TV Senin (8/8/2022).

Potensi banjir pesisir atau rob ini disebabkan oleh bumi yang saat ini tengah memasuki fase bulan purnama yang bersamaan dengan Perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi.

Sehingga berpotensi menyebabkan peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum.

Baca Juga: BMKG Umumkan Peringatan Gelombang Tinggi Senin 8 Agustus 2022, Cek Wilayahnya

Oleh sebab itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap dampak pasang maksimum air laut.

Seperti, terganggunya aktivitas keseharian masyarakat dan transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir meliputi aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir serta perikanan darat.

Selain itu, pihaknya meminta masyarakat untuk tetap siaga dan memperhatikan peringatan dan informasi cuaca maritim dari BMKG melalui berbagai kanal informasi resmi.

Yakni, Call Center BMKG Maritim Tanjung Priok: 0813 1676 0711; Facebook: Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Priok Instagram: @bmkgpriok @infobmkg @bmkgmaritim; Twitter: @bmkgpriok @infobmkg; Website: maritim.bmkg.go.id.

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG, Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah Indonesia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x