Kompas TV nasional peristiwa

Sebulan Tragedi Polisi Tembak Polisi: Satu Nyawa, Dua Tersangka, Tiga Jenderal Dimutasi

Kompas.tv - 8 Agustus 2022, 06:31 WIB
sebulan-tragedi-polisi-tembak-polisi-satu-nyawa-dua-tersangka-tiga-jenderal-dimutasi
Kadiv Propam Nonaktif Polri Irjen Ferdy Sambo sebelum menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri, Kamis (4/8/2022). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J, ternyata berbuntut panjang. 

Kasus yang terjadi pada 8 Juli itu, menewaskan Brigadir J yang merupakan ajudan dari isteri Irjen Ferdy Sambo, mantan Kadiv Propam Polri. Kasus ini terjadi di rumah singgah Ferdy Sambo di kawasan Duren Tiga Jakarta Selatan.

Kematian Brigadir J menjadi sorotan karena dinilai tidak wajar. Sejumlah luka tembak terlihat, ada pula yang menduga terjadi penyiksaan. Jasad Brigadir J pun harus dua kali mengalami autopsi dan melibatkan institusi TNI dan ahli forensik.

Baca Juga: Amankan Ferdy Sambo, Keluarga Brigadir Yoshua Apresiasi Langkah Kapolri!

Buntutnya, ada tiga jenderal polisi yang dimutasi. Ketiganya adalah Irjen Ferdy Sambo, Brigjen Hendra Kurniawan, dan Brigjen Benny Ali. 

Setelah dicopot dari jabatannya, mereka dimutasi menjadi perwira tinggi Pelayanan Markas (Yanma) Polri. 

Keputusan pencopotan tiga perwira tinggi Polri dan beberapa personel kepolisian lainnya tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor 1628/VIII/Kep/2022 tertanggal 4 Agustus 2022. Terhadap mereka, polisi masih terus melakukan pemeriksaan melalui tim khusus (Timsus). "Dimutasi dalam status proses pemeriksaan oleh Irsus (Inspektorat Khusus) Timsus," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri Irjen Dedi Prasetyo, Kamis (4/8/2022).

Kasus ini juga menyeret dua ajudan yakni Bhrada RE dan Brigadir RR sebagai tersangka. Bharada RE merupakan sopir Ferdy Sambo.  Sementara Brigadir RR juga merupakan ajudan isteri Ferdy Sambo, Putri Chandrawathi.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.