Kompas TV internasional kompas dunia

Eropa Dihajar Musim Panas, namun di Lesotho Afrika Warga Ramai Bermain Ski di Atas Salju

Kompas.tv - 8 Agustus 2022, 04:25 WIB
eropa-dihajar-musim-panas-namun-di-lesotho-afrika-warga-ramai-bermain-ski-di-atas-salju
Pengunjung resor ski Afriski di dekat Butha-Buthe, Lesotho, Sabtu 30 Juli 2022 berlatih ski. Sementara jutaan orang di seluruh Eropa berkeringat melalui musim panas dengan suhu yang memecahkan rekor. Afriski di Pegunungan Maluti adalah satu-satunya resor ski Afrika yang beroperasi di selatan khatulistiwa. (Sumber: AP Photo/Jerome Delay)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

BUTHA-BUTHE, KOMPAS.TV — Sementara jutaan orang di seluruh Eropa berkeringat melalui musim panas yang suhunya tinggi memecahkan rekor, warga Afrika bersuka ria bermain ski di atas salju persis seperti di Swiss, seperti laporan Associated Press, Minggu (7/8/2022).

Jangan khawatir. Ini bukan tanda lain dari perubahan iklim melainkan anomali yang menarik dari Lesotho, sebuah kerajaan pegunungan kecil yang sepenuhnya dikelilingi oleh Afrika Selatan.

Lesotho memiliki klaim geografis, yaitu satu-satunya negara di Bumi di mana setiap inci wilayahnya berada lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut.

Itu memberi Lesotho salju saat musim dingin di belahan bumi selatan khatulistiwa.

Sementara musim dingin rutin terjadi di Afrika selatan, salju dan resor ski adalah jarang di benua tersebut.

Baca Juga: Lukisan Mona Lisa di Museum Louvre Tidak Cemberut walau Musim Panas Menggila di Paris, Ini Sebabnya

Kafi Mojapelo, pengunjung resor ski Afriski di dekat Butha-Buthe, Lesotho, Sabtu 30 Juli 2022 berlatih main ski. Sementara jutaan orang di seluruh Eropa berkeringat melalui musim panas yang suhunya memecahkan rekor. Afriski di Pegunungan Maluti adalah satu-satunya resor ski Afrika yang beroperasi di selatan khatulistiwa. (Sumber: AP Photo/Jerome Delay)

Pada ketinggian 3.000 meter, wilayah Afriski di Pegunungan Maluti Lesotho adalah satu-satunya resor ski Afrika yang beroperasi di selatan khatulistiwa.

"Saya belum pernah melihat salju dalam hidup saya," kata Kafi Mojapelo, yang berwisata dari Afrika Selatan untuk liburan ski yang tidak pernah dia bayangkan sebelumnya, "Jadi, ini adalah pengalaman yang luar biasa," kata Mojapelo.

Bafana Nadida, yang berasal dari kotapraja Soweto yang luas di Johannesburg, senang mengenakan sepatu ski untuk pertama kalinya.

Dia berencana ikut les bermain ski, berfoto dan hanya bermain-main di salju.

Pemain ski dan snowboarder berbaris untuk menyewa peralatan yang tepat.

Baca Juga: Setelah Bangun Marawa Beach Club, Raffi Ahmad akan Bangun Wahana Salju di Medan Zoo

Pengunjung resor ski Afriski, yang mengenakan topi Basutu tradisional, berfoto selfie, di dekat Butha-Buthe, Lesotho, Sabtu 30 Juli 2022. Sementara jutaan orang di seluruh Eropa berkeringat melalui musim panas yang memecahkan rekor, Afriski di Pegunungan Maluti adalah satu-satunya resor ski Afrika yang beroperasi di selatan khatulistiwa. (Sumber: AP Photo/Jerome Delay)

Beberapa diberi petunjuk oleh Hope Ramokotjo, yang berasal dari Lesotho dan telah bekerja sebagai instruktur ski dan snowboard selama 12 tahun. 

Ramokotjo belajar ski dan snowboard secara otodidak.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x