Kompas TV nasional hukum

Bharada E Siap Jadi Justice Collaborator, Mahfud MD: Dia Sadar Bukan Pelaku Utama

Minggu, 7 Agustus 2022 | 18:32 WIB
bharada-e-siap-jadi-justice-collaborator-mahfud-md-dia-sadar-bukan-pelaku-utama
Menko Polhukam Mahfud MD memberikan respons terkait Bharada Richard Eliezer alias Bharada E yang disebut siap menjadi justice collaborator untuk kasus penembakan Brigadir J atau Nofriansyah Yoshua Hutabarat.(Sumber: Kemenko Polhukam )

Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memberikan respons terkait Bharada Richard Eliezer alias Bharada E yang disebut siap menjadi justice collaborator untuk kasus penembakan Brigadir J atau Nofriansyah Yoshua Hutabarat.

Mahfud menilai langkah tersebut menyatakan bahwa Bharada E menyadari dia bukanlah pelaku utama dalam peristiwa yang menewaskan Brigadir J itu. 

"Bharada E mengatakan siap menjadi justice collaborator itu artinya apa? Artinya dia menyadari bahwa dia bukan pelaku utama," ujar Mahfud MD dalam Kompas Petang, Kompas TV, Minggu (7/8/2022). 

Baca Juga: Pengacara: Bharada E Diminta Buat Skenario dalam Kasus Brigadir J


Pasalnya, kata Mahfud, justice collaborator adalah tersangka yang bersedia membantu atau bekerja sama dengan penegak hukum untuk mengungkap kasus pidana.

"Karena justice collaborator itu adalah orang yang membantu, bukan pelaku utamanya," tegasnya. 

Mahfud juga menilai keputusan Bharada E ini akan membuat perkembangan kasus terkait kematian Brigadir J semakin signifikan. 

"Menurut saya itu pintu semua untuk menjadi signifikan (perkembangan kasus). Misalnya sudah ada pengakuan, bahwa saya bukan pelaku, atau saya tidak sendiri," jelasnya. 

"Kita kan penegakan hukum jadi berangkat dari dugaan-dugaan dulu, mungkin ini ada upaya menutup, mungkin si Bharada E yang bohong, buktikan saja nanti di pengadilan. Saat ini masyarakat sudah pintar untuk menilai setiap perkembangan."

Halaman Selanjutnya


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x