Kompas TV nasional hukum

Temuan Komnas HAM: Keterangan Tidak Klop hingga Istri Ferdy Sambo ke Rumah Pribadi sambil Menangis

Minggu, 7 Agustus 2022 | 11:30 WIB
temuan-komnas-ham-keterangan-tidak-klop-hingga-istri-ferdy-sambo-ke-rumah-pribadi-sambil-menangis
Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV).

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyebut banyak hal yang dinilai tidak klop antara keterangan awal dengan hasil investigasi tentang kasus penembakan Brigadir J atau Nofriansyah Yoshua Hutabarat.

Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik mengatakan hasil investigasi menyatakan tidak ada saksi yang melihat langsung Yoshua sedang menodongkan senjata pada istri Irjen Pol Ferdy Sambo.

“Selama ini kan ada keterangan tuh, bahwa Yoshua katanya sedang menodongkan senjata. Dalam keterangan mereka ini enggak ada cerita itu,” tuturnya, Sabtu (6/8/2022), dikutip dari pemberitaan Kompas TV.

“Jadi cerita-cerita ini, di awal dengan yang kemudian berkembang atau yang kami telusuri, memang banyak yang tidak klop, seingga sebagai penyelidik kami memang bertanya-tanya ada apa ini.”

Meski demikian, Komnas HAM tidak mau menuduh sembarangan. Tapi, pihaknya menduga, ada sesuatu yang tidak logis.

Baca Juga: Jadi Saksi Kunci Tewasnya Brigadir J, Bharada E: Saya Minta Perlindungan Supaya Enggak Kenapa-Kenapa

Berkaitan dengan tidak adanya saksi yang melihat adanya penodongan oleh Brigadir J terhadap istri Ferdy Sambo, Komnas HAM juga belum meyakini adanya peristiwa pelecehan seksual.

“Jadi saksi yang menyaksikan penodongan itu tidak ada. Makanya kami juga belum bisa meyakini apakah terjadi pelecehan seksual atau tidak.”

Walaupun, lanjut dia, dalam standar hak asasi internasional, yang juga diatur oleh udang-undang TPKS (Tindak Pidana Kekerasan Seksual) bahwa seseorang yang diduga atau dia mengaku, atau dia sudah mengadu bahkan, sebagai korban pelecehan seksual, harus diperlakukan sebagai korban.

“Maka kita tidak bisa melakukan intervensi lebih jauh terhadap Ibu PC (Putri Chandrawati-red) karena dia sedang dalam perawatan psikologis dari psikolog.”

Istri Ferdy Sambo Menangis

Ahmad Damanik juga menjelaskan hasil penyelidikan terhadap rekaman CCTV. Menurutnya, dalam rekaman ketibaan rombongan dari Magelang, Jawa Tengah terlihat istri Ferdy Sambo tersebut masuk ke rumah pribadi bersama rombongan.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x