Kompas TV nasional peristiwa

Sosok Deolipa Yumara, Satu dari Dua Kuasa Hukum Baru Bharada E yang Ditunjuk Bareskrim Polri

Kompas.tv - 7 Agustus 2022, 10:52 WIB
sosok-deolipa-yumara-satu-dari-dua-kuasa-hukum-baru-bharada-e-yang-ditunjuk-bareskrim-polri
Deolipa Yumara dan Muh Burhanuddin, kuasa hukum baru Bharada E yang ditunjuk Bareskrim Polri. (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bareskrim Polri menunjuk dua kuasa hukum baru untuk menjadi pendamping hukum dari Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E, Sabtu (6/8/2022) malam. 

Bharada E telah ditetapkan sebagai tersangka pembunuh Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J. Sebelumnya, pengacara Bharada E, Andreas Nahot Silitonga, mengirimkan surat pengunduran diri ke Bareskrim Polri, Sabtu (6/8) siang. 

Sosok yang ditunjuk oleh Bareskrim menggantikan pengacara Bharada E yang mengundurkan diri ialah Deolipa Yumara dan didampingi Muh Burhanuddin. 

Baca Juga: Bharada E Buka Informasi Penting Keterlibatan Pihak Lain, Kuasa Hukum: Pelaku Lain akan Terungkap

"Kami ditunjuk oleh Bareskrim dalam hal ini Mabes Polri untuk menjadi kuasa hukum baru dari saudara Richard Eliezer Pudihang Lumiu, jadi Bharada E ya selaku tersangka dalam kasus yang kita sudah sama-sama tahu, pasalnya pasal 338 KUHP jo 55 dan pasal 56 KUHP sesuai laporan polisi," kata Deolipa Yumara pada tayangan Breaking News di Kompas TV, Sabtu malam. 

Penunjukkan ini, kata Deolipa, berkaitan dengan pengunduran diri kuasa hukum sebelumnya, yakni Andreas Nahot. 

Deolipa menerangkan dalam kasus ini, Bareskrim Polri tidak mau ada kecacatan formil soal tidak adanya pendamping hukum untuk Bharada E.

"Tentunya dalam konteks penyidikan setiap tersangka kasus pembunuhan tentunya harus ada pengacara yaang mendampingi," ujar dia. 

Baca Juga: Bharada E Saksi Kunci, Kuasa Hukum Berencana Ajak ke LPSK dan Jadi Justice Collaborator


Siapa sosok Deolipa ini?

Sayangnya, tidak banyak informasi yang beredar mengenai sosok Deolipa. 

Diketahui, Deolipa Yumara memulai karirnya menjadi pengacara sejak tahun 1998.

Deolipa Yumara juga pernah tergabung dalam DPN Pusat Peradi bagian pengurus Hak Asasi Manusia,

Berdasarkan informasi yang dihimpun KOMPAS.TV, Deolipa Yumara pernah menjadi pengacara Angel Lelga ketika mantan istri pedangdut Rhoma Irama itu tersandung kasus penipuan bisnis kripto oleh seorang istri anggota kepolisian.

Dikutip dari Tribunnews, Angel Lelga ditawarkan oleh istri anggota kepolisian itu keuntungan ratusan juta melalui bisnis kripto.

Hubungan antara Angel Lelga dan Deolipa pun tidak hanya berhenti sebagai kuasa hukum dan klien saja. Namun, mereka juga sempat menggarap lagu bersama.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x