Kompas TV video vod

Taliti, Tradisi Pulang Haji yang Meriah untuk Ungkapan Syukur

Kompas.tv - 7 Agustus 2022, 02:30 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

KOMPAS.TV - Berbagai macam cara dilakukan untuk menunjukkan sukacita usai menunaikan ibadah haji di tanah suci. Salah satunya Tradisi Taliti yang dilakukan jemaah asal Makassar dan Kolaka.

Meriah, satu kata yang menggambarkan sukacita jemaah haji asal Sulawesi yang dalam hitungan jam akan kembali ke tanah air. Kegembiraan ini pun diterjemahkan lewat pakaian yang digunakan khusus untuk pulang.

Tradisi Taliti atau mengenakan Pakaian Adat Bugis yang berwarna-warni turun temurun dilakukan jemaah asal Sulawesi seperti Makassar dan Kolaka.

Khususnya, bagi jemaah haji perempuan. Mulai dari mengenakan Mispa atau penutup kepala bak mahkota hingga Kabe yang merupakan jubah bordir berenda.

Gelang emas dan anting permata yang senada pun disematkan sebagai wujud bangga karena telah berhaji mewakili keluarga. Untuk mempercantik penampilan, tak lupa wajah dipoles dengan bibir merah merona.

Setelah 42 hari di tanah suci, sukacita untuk kembali bertemu sanak saudara memang kian membuncah. Lewat Tradisi Taliti yang terus dijaga inilah terselip rasa syukur bagi keluarga yang menanti dengan senyum di wajah. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.