Kompas TV regional sosial

Beri Pesan kepada Mahasiswa Baru UGM, Ganjar Kayuh Sepeda dan Pakai Tas Ransel

Kompas.tv - 7 Agustus 2022, 03:05 WIB
beri-pesan-kepada-mahasiswa-baru-ugm-ganjar-kayuh-sepeda-dan-pakai-tas-ransel
Upacara penutupan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) di Lapangan Grha Sabha Pramana, Sabtu (6/7/2022). (Sumber: dok Humas UGM)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah sekaligus Ketua Umum Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Ganjar Pranowo menyampaikan sejumlah pesan kepada mahasiswa baru UGM. Pesan itu dilontarkan saat upacara penutupan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) di Lapangan Grha Sabha Pramana, Sabtu (6/7/2022).

Di tengah kerumunan 9.491 mahasiswa baru, Ganjar masuk ke lapangan dengan mengayuh sepeda dengan tas ransel di punggung.

Ia berharap para mahasiswa tidak menyia-nyiakan kesempatan diterima di UGM. 

Baca Juga: Ganjar Pranowo Sebut 10 TKI Asal Jateng yang Disekap di Kamboja Sudah Bebas

“Selamat, ya. Diterima di UGM itu tidak mudah. Yang antre banyak banget. Saya berharap kamu jadi agen perubahan dan agen pembangunan. Kamulah yang akan melakukan modernisasi,” ujar Ganjar Pranowo dalam siaran pers UGM.

Menurut Ganjar, banyak sekali persoalan yang dihadapi oleh bangsa saat ini yang menjadi pekerjaan rumah bagi generasi sekarang.

“Apakah kalian generasi yang akan memberikan solusi soal lingkungan, perdamaian dunia, energi, pangan, inovasi dan tentu soal mimpimu dan jodohmu juga,” kata Ganjar yang disambut tawa ribuan mahasiswa.

Pada kesempatan yang sama, Ganjar juga menyapa salah seorang mahasiswa penyandang berkebutuhan khusus tunanetra, Aulia Rahman, untuk tampil maju ke depan.

Ia mengapresiasi mahasiswi dari Fakultas Ilmu Budaya itu yang berhasil membuat sebuah film bersama dengan rekannya. 

“Saya tidak sengaja ikut kelas. Membuat film judulnya Seutas Asa. Menceritakan difabel tuna netra perempuan berpacaran nondifabel,” kata Aulia.

Selain Aulia, Ganjar Pranowo juga memanggil mahasiswa yang ditinggal oleh kedua orangtuanya karena sudah meninggal dunia.

Ganjar pun memberi semangat kepada mereka untuk mengejar impiannya dengan kuliah di UGM.

“Kamu sekolah di UGM hari ini sudah benar,” tuturnya.

Baca Juga: Meriahkan Hari Koperasi Hybrid Expo 2022, Ganjar Pranowo Dorong Koperasi di Jateng Ikuti Era Digital

Ganjar tidak ingin para mahasiswa bermalas-malasan atau terlalu banyak mengeluh. Ia mendorong mahasiswa ikut kegiatan organisasi intra dan ekstrakurikuler yang meningkatkan kompetensi soft skill mahasiswa.

“Sekarang UGM menyiapkan konversi agar kamu yang beraktivitas bisa dapat nilai (SKS),” kata Ganjar Pranowo.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x