Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Rusia Memulai Serangan Besar-besaran ke Dua Kota Strategis Donetsk, Bakhmut dan Avdiivka

Kompas.tv - 6 Agustus 2022, 23:05 WIB
rusia-memulai-serangan-besar-besaran-ke-dua-kota-strategis-donetsk-bakhmut-dan-avdiivka
Tentara Ukraina melihat gedung komando militer Mykolaiv yang hancur diserang rudal Rusia pada 5 Agustus 2022. Pasukan Rusia memulai serangan besar-besaran pada hari Sabtu (6/8/2022) di dua kota utama di wilayah Donetsk timur dan terus melancarkan serangan roket serta penembakan di kota-kota Ukraina lainnya. (Sumber: AP Photo/Evgeniy Maloletka)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

KIEV, KOMPAS.TV - Pasukan Rusia memulai serangan besar-besaran pada hari Sabtu (6/8/2022) di dua kota utama di wilayah Donetsk timur dan terus melancarkan serangan roket serta penembakan di kota-kota Ukraina lainnya, termasuk satu yang dekat dengan pembangkit listrik tenaga nuklir PLTN terbesar di Eropa, kata militer Ukraina dan pejabat lokal.

Dalam laporan Associated Press, Sabtu (6/8/2022), Kota Bakhmut dan Avdiivka dianggap sebagai target utama serangan Rusia di timur Ukraina, dengan analis mengatakan Moskow perlu mengambil Bakhmut jika ingin maju di pusat regional Sloviansk dan Kramatorsk.

"Di arah Donetsk, musuh melakukan operasi ofensif, memusatkan upaya utamanya pada arah Bakhmut dan Avdiivka menggunakan serangan darat dan senjata udara angkatan darat," kata Staf Umum Ukraina di Facebook.

Serangan Rusia terakhir di Sloviansk adalah 30 Juli, tetapi pasukan Ukraina memperkuat posisi mereka di sekitar kota, memgantisipasi pertempuran baru.

"Saya pikir tidak akan tenang lama. Akhirnya, akan ada serangan," kata Kolonel Yurii Bereza, kepala resimen garda nasional, kepada The Associated Press.

Penembakan Rusia menewaskan lima warga sipil dan melukai 14 lainnya di wilayah Donetsk pada hari terakhir, kata Gubernur Donetsk Pavlo Kyrylenko hari Sabtu di Telegram, dan mengatakan dua orang tewas di Poprosny, masing-masing satu di Avdiivka, Soledar dan Pervomaiskiy.

Baca Juga: Ketua Amnesty International Ukraina Mundur Menyusul Laporan Pelanggaran Hukum Perang Tentara Ukraina

Warga berupaya memadamkan api akibat serangan roket Rusia di Mykolaiv, 5 Agustus 2022. Pasukan Rusia memulai serangan besar-besaran pada hari Sabtu (6/8/2022) di dua kota utama di wilayah Donetsk timur dan terus melancarkan serangan roket serta penembakan di kota-kota Ukraina lainnya. (Sumber: AP Photo/Evgeniy Maloletka)

Gubernur wilayah Dnipropetrovsk timur mengatakan tiga warga sipil terluka setelah roket Rusia jatuh di lingkungan perumahan di Nikopol, sebuah kota di seberang Sungai Dnieper dari pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia.

Pembangkit nuklir telah berada di bawah kendali Rusia sejak pasukan Moskow merebutnya di awal perang.

"Setelah tengah malam, tentara Rusia menyerang daerah Nikopol dengan roket Grad (era Soviet), dan daerah Kryvyi Rih dari artileri barel," tulis Valentyn Reznichenko di Telegram.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x