Kompas TV olahraga kompas sport

Hasil Kualifikasi MotoGP Inggris 2022: Johann Zarco Pole Position dan Kalahkan Rekor Marc Marquez

Kompas.tv - 6 Agustus 2022, 21:51 WIB
hasil-kualifikasi-motogp-inggris-2022-johann-zarco-pole-position-dan-kalahkan-rekor-marc-marquez
Pembalap Pramac Ducati, Johann Zarco, pada hari pertama seri balap MotoGP Emilia Romagna 2021 di Sirkuit MIsano, Jumat (22/10/2021). (Sumber: MOTOGP.COM)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pembalap Pramac Racing, Johann Zarco, meraih pole position dan berhasil melebihi rekor Marc Marquez dengan mencatatkan waktu tercepat pada sesi kualifikasi MotoGP Inggris 2022.

Seperti diketahui, kualifikasi MotoGP Inggris 2022 berlangsung di Sirkuit Silverstone pada Sabtu (6/8/2022) malam WIB.

Johann Zarco merampungkan sesi kualifikasi tersebut dengan catatan waktu lap 1 menit 57,767 detik.

Torehan ini adalah rekor lap baru di Sirkuit Silverstone. Zarco berhasil memecahkan rekor all time lap milik Baby Alien pada musim 2019 lalu yang membukukan waktu lap 1 menit 58,168 detik.

Zarco mengungguli Maverick Vinales (Aprilia Racing) dan Jack Miller (Ducati Lenovo Team) yang secara berurutan menempati posisi kedua serta ketiga.

Sebagai informasi, kualifikasi MotoGP dibagi menjadi dua sesi. Kualifikasi pertama (Q1) diisi oleh para pembalap yang tak berhasil menembus 10 besar hasil gabungan tiga latihan bebas (FP1-FP3).

Baca Juga: Alex Rins: Semua Berantakan Setelah Suzuki Beri Kabar Pergi dari MotoGP

Pembalap Enea Bastinianini, Franco Morbidelli hingga Alex Marquez merupakan nama-nama rider yang melakoni jalannya Q1 MotoGP Inggris. Mereka semua saling memperebutkan dua posisi teratas untuk bergabung dengan 10 pembalap lainnya yang sudah otomatis lolos ke kualifikasi kedua (Q2).

Nantinya, akan ada 12 pembalap di Q2 yang bersaing guna menghuni pole position atau posisi terdepan saat start balapan MotoGP Inggris, Minggu (7/8/2022) malam WIB.

Setelah Q1 yang berdurasi 15 menit rampung digelar, dua pembalap yang berhak melanjutkan perjuangan ke Q2 adalah Enea Bastianini dan Marco Bezzecchi.


 

Pada sesi Q2, Bastianini dan Bezzecchi bersaing dengan Fabio Quartararo, Francesco Bagnaia, dan Aleix Espargaro. Pada saat sesi Q2 sudah berdurasi tujuh menit, Fabio Quartararo menjadi rider tercepat. Ia memimpin dengan catatan waktu lap 1 menit 58,259 detik.

Setelah mencatatkan waktu terbaik, Quartararo kembali ke paddock sebentar. Kemudian, rider asal Prancis itu kembali ke lintasan balap.

Ketika Q2 tersisa dua menit, Aleix Espargaro menggeser posisi Quartararo. Namun, keunggulan tersebut hanya bersifat sementara. Hal ini dikarenakan Johann Zarco berhasil menggeser posisi Espargaro.

Rider asal Prancis itu mencatatkan waku lap 1 menit 57, 767 detik. Hingga Q2 berakhir, Zarco menjadi pembalap tercepat. Dia berhak merebut pole position.

Baca Juga: Hasil FP3 MotoGP Inggris 2022: Aleix Espargaro Tercepat

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x