Kompas TV olahraga kompas sport

Ketua NPC Indonesia Sebut Sri Mulyani Bingung usai Indonesia Jadi Juara Umum ASEAN Para Games 2022

Kompas.tv - 6 Agustus 2022, 15:05 WIB
ketua-npc-indonesia-sebut-sri-mulyani-bingung-usai-indonesia-jadi-juara-umum-asean-para-games-2022
Logo ASEAN Para Games 2022 yang akan berlangsung di Solo. Indonesia sukses menjadi juara umum pada ajang ASEAN Para Games 2022. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia sukses menjadi juara umum pada ajang ASEAN Para Games 2022, menurut data yang dinukil dari laman resmi https://results.apg2022.com/, hingga Sabtu (6/8) siang, total 428 medali sudah didapatkan Indonesia, dengan rincian 177 medali emas, 141 medali perak, 110 medali perunggu.

Kontingen Indonesia sebenarnya hanya menargetkan 104 medali emas ASEAN Para Games 2022.

Menurut Ketua Kontingen atau CdM Indonesia, Andi Herman, target itu berdasarkan pengamatan perkembangan olahraga negara Asia Tenggara.

"Kenapa 104?  Kami membuat prediksi yang tidak terlalu tinggi karena kami berhati-hati, seluruh negara Asia Tenggara pembinaan sudah maju," kata Andi Herman, Jumat (6/8) dikutip dari Kompas.com

Baca Juga: Patahkan Mitos Tuan Rumah, Indonesia Dipastikan Juara Umum ASEAN Para Games 2022

"Kami menganggap semua negara sesuai pembinaan berkelanjutan," jelas dia. 

Melihat jumlah medali emas yang melesat jauh dari target, Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani, bingung karena pengeluaran untuk bonus akan membengkak lebih besar dari dugaan.


Hal ini seperti disampaikan Ketua NPC Indonesia Sanny Marbun, Sabtu (6/8) siang.

"Kemarin, Bu Sri Mulyani telpon pak menteri (Zainudin Amali), 'wah, gila. Banyak bohongnya'," cerita Sanny Marbun, saat acara syukuran kontingen Indonesia di Best Western Hotel Solo Baru, Sabtu.

"Jangan bohong lagi ya, lain kali jangan bohong. Kita jadi sulit nyiapin uang keringat, pengganti uang keringat," cerita Sanny Marbun. 

Perlu diketahui, pemerintah Indonesia akan memberikan bonus kepada peraih medali emas di ASEAN Para Games 2022 sebesar Rp500 juta dan ini setara dengan bonus SEA Games 2021 Vietnam lalu.

Baca Juga: Jokowi Dijadwalkan Tutup ASEAN Para Games 2022 di Solo, Indonesia Juara Umum Raih Medali Terbanyak



Sumber : Kompas.com, laman resmi APG 2022

BERITA LAINNYA



Close Ads x