Kompas TV internasional kompas dunia

Jalur Gaza Dirudal Israel, Konflik Dikhawatirkan Semakin Parah jika Hamas Terlibat

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 12:10 WIB
jalur-gaza-dirudal-israel-konflik-dikhawatirkan-semakin-parah-jika-hamas-terlibat
Asap mengepul dari sebuah gedung di Jalur Gaza akibat serangan rudal Israel, Jumat (5/8/2022). Elias Farhat, mantan jenderal Angkatan Bersenjata Lebanon, memperkirakan Hamas bisa terlibat pertempuran jika konflik di Jalur Gaza berlarut-larut. (Sumber: Hatem Moussa/Associated Press)

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

JALUR GAZA, KOMPAS.TV - Serangan rudal Israel ke Jalur Gaza pada Jumat (5/8/2022) dikhawatirkan meningkatkan eskalasi konflik secara signifikan pada akhir pekan ini. Serangan itu segera dibalas oleh rentetan tembakan roket kelompok milisi Jihad Islam.

Otoritas Palestina melaporkan bahwa serangan militer Israel itu menewaskan setidaknya 10 orang, termasuk Taysir Al-Jabari, komandan Brigada Al-Quds, sayap militer dari Jihad Islam. Seorang gadis 5 tahun juga tewas akibat rudal Israel. Sekitar 40 lain mengalami luka-luka.

Tor Wennesland, koordinator khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk proses perdamaian Timur Tengah, mengaku “sangat khawatir” dengan eskalasi antara Israel dengan kelompok-kelompok milisi Palestina di Jalur Gaza.

“Dalam beberapa jam terakhir, setidaknya 10 orang Palestina terbunuh oleh serangan udara Israel. Saya sangat sedih dengan laporan bahwa seorang anak lima tahun terbunuh akibat serangan-serangan ini. Tidak ada justifikasi bagi setiap serangan terhadap warga sipil,” demikian bunyi pernyataan Wennesland yang disiarkan melalui media sosial pada Sabtu (6/8) dini hari waktu Indonesia.


Baca Juga: Serangan Rudal Israel ke Gaza Tewaskan 10 Orang, Dibalas Ratusan Roket Jihad Islam

Wennesland menyebut eskalasi di sekitar Gaza “sangat berbahaya” dan mengaku PBB tengah bekerja untuk berupaya menghindari “konflik lebih lanjut yang memiliki konsekuensi menghancurkan, terutama untuk warga sipil.”

Dalam pernyataannya, Wennesland juga mendesak semua pihak menghentikan aksi saling serang dan “menghindari eskalasi lebih jauh.”

Jika Konflik Berlarut, Hamas akan Terlibat?

Konflik Israel-Palestina di Jalur Gaza dikhawatirkan akan semakin parah jika kelompok bersenjata di bawah komando Hamas terlibat.

Elias Farhat, mantan jenderal Angkatan Bersenjata Lebanon, memperkirakan Hamas bisa terlibat pertempuran jika konflik di Jalur Gaza berlarut-larut.


Sumber : Kompas TV/Al Jazeera

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Pemancing Tewas Tenggelam Di Waduk

Senin, 8 Agustus 2022 | 19:21 WIB
Close Ads x